Perbup Kabupaten Purwakarta Tentang Pendidikan Anti Korupsi Diapresiasi KPK

Uncategorized84 views

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi apresiasi kepada Kabupaten Purwakarta yang memiliki Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 110 Tahun 2019 tentang Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. Perbup itu diimplementasikan kepada puluhan para guru melalui sosialisasi dan deklarasi dan pelatihan TOT beberapa waktu lalu.

“Kami mengapresiasi inisiatif-inisiatif yang muncul. Contoh, misalnya, deklarasi di semua sekolah, pembentukan tim Pengembang, pembuatan modul, pelaksanaan TOT, dan secara masif melaksanakan pelatihan pada semua guru setelah diterbitkannya perbup tersebut,” ungkap Satgas KPK, Dian Rahmawati, saat menggelar diskusi, di Aula Rapim Bale Guru Linuhung, Sabtu (8 Februari 2020).

Selain itu, KPK menyinggung agenda festival film yang bertemakan pendidikan anti korupsi. Menurutnya, langkah yang telah ditempuh Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pendidikan dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

“Targetnya akan ada festival film pendidikan anti korupsi di tingkat SD dan SMP. Ini lagi-lagi merupakan terobosan besar,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto menjelaskan, Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah dilakukan sebagai upaya pencegahan melalui pemutusan generasi penerus. Generasi ke depan harus disiapkan melalui karakter yang baik mulai dari sekolah-sekolah.

“Pada Februari sampai Apri nanti akan diagendakan festival film pendek dengan tema Menyelamatkan Generasi Dari Korupsi, dan juga akan ada lomba esai dan komik pendidikan anti korupsi. Pembelajaran anti korupsi akan dilakukan melalui pendekatan kelas, budaya sekolah dan lingkungan masyarakat,” kata Purwanto.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *