by

Pendaftaran Gelombang IV Kartu Prakerja Masih Ditutup. Pemerintah Saat Ini Sedang Melakukan Kajian Ulang

-Uncategorized-75 views

Pendaftaran Gelombang IV Kartu Prakerja belum bisa dibuka dalam waktu dekat. Alasan belum dibuka kembalinya pendaftaran Gelombang IV Program Kartu Prakerja karena pemerintah saat ini tengah melakukan kajian ulang, seperti yang diinginkan publik.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat. Karena sebelumnya telah berjanji akan membuka Gelombang IV Kartu Prakerja usai Idulfitri tahun ini.,” tutur Direktur Eksekutif Project Management Officer (PMO) Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers melalui video teleconference di Jakarta pada Senin (8 Juni 2020).

Denni menegaskan, komite saat ini sedang mereveiw (kaji ulang) dengan lembaga pengawas program kartu Prakerja seperti yang diharapkan publik dan institusi semua. Untuk itu, masyarakat yang sudah menantikan program Kartu Prakerja dibuka kembali diminta untuk bersabar.

“Sabar ini dengan berporses dan Insya Allah tidak lama lagi Kartu Prakerja Gelombang IV akan dirilis,” katanya.

Kartu Prakerja adalah program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan skill dan kemampuan para pencari kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri.  Program ini juga diperuntukkan bagi mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat Pandemi Virus Corona atau Covid-19. Bagi mereka yang sukses mengikuti program kartu prakerja akan diberikan pendidikan dan pelatihan.

Setelah lulus akan mendapatkan sertifikat. Pelatihan sendiri dilakukan secara online maupun offline. Selain itu, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang.

Rinciannya Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu selama empat bulan untuk insentif pelatihan dan Rp 150 ribu insentif survei kebekerjaan yang dilakukan sebanyak tiga kali. Hingga saat ini pendaftar yang sudah mengikuti program Kartu Pra Kerja sudah mencapai 8,6 juta orang dari tiga gelombang yang sudah dibuka oleh pemerintah.

 

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *