by

Pemudik Harus Waspada Saat Melintas di Brebes, Banyak Pasar Tumpah

-Uncategorized-45 views

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Brebes telah memetakan semua ruas jalan yang akan digunakan para pengendara saat mudik dan balik lebaran 2019. Dishub mendata, ada 6 pasar yang berpotensi sebabkan kemacetan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes, Masfuri merinci, beberapa pasar tradisional di antaranya, di jalur pantura ada Pasar Induk Brebes, Pasar Bulakamba, dan Pasar Losari. Sedangkan di jalur tengah, ada Pasar Kersana dan Pasar Larangan. Di jalur selatan ada Pasar Linggapura yang setiap arus mudik selalu terjadi antrean kendaraan.

Dari 6 pasar tersebut, Dishub mencatat paling rawan sebabkan kemacetan yakni di Pasar Linggapuran, Kecamatan Tonjong. Untuk itu sejumlah rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di titik itu.

“Di pasar ini tentu kami telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, termasuk di pasar lain yang rawan menjadi pemicu kemacatan,” ungkapnya.

Pasar tradisional berpotensi rawan macet di jalur utama mudik. Hal ini kata Masfuri disebabkan oleh meningkatnya aktifitas warga jelang lebaran. Mereka warga lokal berduyun-duyun ke pasar untuk membeli kebutuhan bahan pokok dan perlengkapan lebaran.

“Arus lalu lintas akan mengalami perlambatan dan bisa menyebabkan antrean kendaraan,” jelasnya.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga selalu meramaikan arus mudik. Mereka menggunakan jalur pantura untuk tujuan Semarang dan jalur selatan bagi tujuan Kebumen dan Yogyakarta.

“Mereka tentu akan membuat volume kendaraan meningkat. Persoalan ini yang kami perlu antisipasi, sehingga arus lalu lintas tetap lancar,” terangnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *