by

Pemkab Purbalingga Genjot Tumbuhnya Perpusdes

-Uncategorized-40 views

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi merinci dari 224 desa di Kabupaten Purbalingga, 76 Desa diantaranya sudah membentuk Perpustakaan Desa (Perpusdes). Tahun 2019 ini, ada 75 desa lagi yang sedang didampingi Dinarspus untuk membentuk perpusdes.

“Pertama mendorong desa-desa agar menggunakan Dana Desa (DD) untuk merintis perpustakaan desa. Saya terimakasih ternyata banyak kepala desa yang peduli pentingnya perpustakaan untuk menarik minat baca warganya,” ungkapnya saat menyambut kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Perpustakaan Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 di Operational Room Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo, Selasa (14/5).

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi Lapangan Lomba Perpustakaan Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 Drs Bagus Suryanto mengatakan, penilaian lomba dilakukan tiga tim. Diantaranya Tim Penilai Perpustakaan Umum Daerah, Tim Penilai Perpustakaan Desa dan Tim Penilai Perpustakaan SLTA.

“Ketiga kategori itu Purbalingga sudah masuk 10 besar di Jawa Tengah, mampu bersaing diantara ribuan perpustakaan yang ada. Ini capaian yang luar biasa, bagaimana ketersediaan layanan perpustakaan yang ditunjang teknologi informasi,” katanya.

Menurutnya, perpustakaan saat ini sudah bertransformasi. Tidak sekedar penyediaan atau peminjaman buku saja, tapi juga sebagai fasilitator kebutuhan masyarakat melalui kemudahan akses informasi. Sehingga masyarakat akan mendorong dirinya untuk hidup lebih baik melalui informasi yang diterimanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *