by

Pemkab Brebes Siapkan Rp 4,56 Miliar Untuk Beli Mobil Dinas Baru untuk Pejabat

-Uncategorized-68 views

Dana APBD Perubahan Pemerintah Kabupaten Brebes tahun 2019 sebanyak Rp 4,56 Miliar disipakan untuk membeli belasan mobil dinas bagi pejabat. Sedikitnya 11 mobil dinas baru yang akan dibeli Pemkab Brebes. Adapun mobil dinas itu, berjenis Toyota Inova reborn sebanyak 8 unit dengan alokasi anggaran sebesar Rp 360 juta per unit.  Kemudian, mobil Toyota Fortuner sebanyak 3 unit dengan alokasi anggaran Rp 560 juta per unitnya.

“Sehingga, total anggaran yang akan dikucurkan mencapai Rp 4,56 miliar. Ya memang ada anggaran pembelian mobil dinas baru itu, didalam APBD perubahan,” ucap Kepala Bidang Anggaran Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Brebes, Subandi Jumat, (30 Agustus 2019).

Rencana pembelian mobil baru itu seolah kontras dengan persoalan besar yang dihadapi Kabupaten Brebes saat ini. Yakni kemiskinan yang angkanya masih tinggi. Berdasarkan data kemiskinan makro Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018, tingkat kemiskinan Kabupaten Brebes sebesar 17,17 persen. Angka itu, berada di atas tingkat kemiskinan Provinsi Jawa Tengah yang sebesar 11,32 persen dan tingkat kemiskinan nasional 9,82 persen.

Adapun jumlah penduduk miskin Brebes 2018 sebanyak 309.170 jiwa. Dari angka itu, Brebes menempati posisi ke 33 dari 35 kota dan kabupaten di Jateng. Di atas Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Wonosobo.

Untuk garis kemiskinan Brebes 2018 sebesar Rp 405.942,- per kapita per bulan, meningkat dibandingkan 2017 sebesar Rp 382.125,- per kapita per bulan. Sedangkan indeks kedalamaan kemiskinan Brebes 2018 sebesar 3,51 meningkat dibandingkan 2017 sebesar 3,06.

Adapun Indeks kedalaman kemiskinan ini, merupakan ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan. Semakin tinggi nilai indeks, semakin jauh rata-rata pengeluaran penduduk dari garis kemiskinan.

Bupati Brebes Idza Priyanti, saat dikonfirmasi atas rencana belanja belasan mobil baru itu menyarankan agar menemui Sekda Brebes Djoko Gunawan.

“Silakan ke Pak Sekda ya. Nanti beliau yang akan menjelaskan,” ucap Idza Priyanti.

Sementara itu, Sekda Brebes, Djoko Gunawan menyatakan, jika alokasi anggaran belanja mobil dinas baru tak tidak menganggu kegiatan pembangunan. Termasuk yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

“Ya memang ada pengadaan mobil dinas baru. Tujuanya untuk meningkatkan dan menjaga dalam rangka mobilisasi dengan kondisi medan dan luas wilayah Brebes,” ucap dia.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *