by

PEMBELAJARAN BILANGAN ROMAWI MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DENGAN PAIR CHEK  DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

-Uncategorized-49 views

 

 yuswadi

Oleh  : Yuswadi, S.Pd.

 BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Proses pembelajaran  matematika tidak akan efektif jika masih dianggap sulit oleh siswa. Pada umumnya kesulitan pelajaran matematika diakibatkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat  dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Sehingga di sini peran guru sangat penting untuk mengarahkan siswa belajar matematika, yang tidak hanya mengharuskan siswa untuk tahu dan mengerti tetapi harus memahami konsep matematika dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.

Siswa dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar harus melalui berbagai tahapan untuk dapat dikatakan menguasai pelajaran matematika. Hal ini sudah disesuaikan dengan karakteristik matematika berkesinambungan. Pada saat pembelajaran matematika siswa harus melalui empat tahapan yaitu penanaman konsep, pemahaman konsep, pembinaan keterampilan, dan penerapan onsep agar siswa mampu memahami pelajaran matematika  dan bisa memecahkan masalah pada soal-soal matematika.

Mencermati pernyataan di atas perlu dicari solusinya, karena jika kesulitan pada mata pelajaran matematika dibiarkan maka akan mengakibatkan hasil belajar matematika rendah dan tidak memenuhi KKM terutama pada bilangan Romawi. Pada aspek psikomotor sering ditemukan bahwa sebagian besar siswa memiliki keterampilan yang masih rendah antara lain keterampilan bertanya, keterampilan berdiskusi, dan keterampilan bekerja sama dengan teman.

Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis memiliki alternatif pemecahan masalah yaitu dengan memadukan dua model yaitu model Index CardMatch dengan Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bilangan Romawi di kelas IV Sekolah Dasar. Perpaduan model Index Card Matchdengan Pair Checkdilakukan dengan menerapkan model Index Card Match terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan Pair Check.

 

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan sebagai berikut :

Apakah penggunaan  model Index Card Match dengan Pair Check pada materi bilangan Romawi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV ?

 

  1. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran materi bilangan Romawi  melalui model Index Card Match dengan Pair Check di kelas IV Sekolah Dasar.

 

  1. Manfaat

Peserta didik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar  bilangan Romawi melalui model Index Card Match dengan Pair Check di kelas IV Sekolah Dasar.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD)

Pembelajaran  bilangan Romawi termuat dalam Standar Kompetensi (SK) 7, yaitu menggunakan lambang bilangan Romawi. Di dalam SK tersebut terdapat dua Kompetensi Dasar (KD), yaitu KD 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi. Sedangkan KD 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya. KD ini berisi materi pokok mengubah bilangan cacah ke bilangan Romawi.

 

  1. Lambang Bilangan Romawi

Berikut ini adalah lambang bilangan Romawi sebagai dasar untuk menuliskan lambang bilangan Romawi yang lain.

Bilangan Asli Bilangan Romawi
1

5

10

50

100

500

1000

I

V

X

L

C

D

M

 

  1. Model Pembelajaran

 

  1. Pengertian Model Pembelajaran

Menurut Rusman (2013: 133), mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: “ Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikannya “ Artinya adalah model pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan.

 

  1. Pengertian Index Card Match

Zaini, dkk (2008: 67), menyatakan bahwa Index Card Match adalah :

“Strategi yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Namun demikian materi baru pun tetap bisa diajarkan dengan strategi ini dengan catatan peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang akan di ajarkan terlebih dahulu, sehingga ketika masuk kelas  mereka sudah memiliki bekal pengetahuan “.

 

  1. Langkah-langkah Index Card Match
  • Buatlah potongan-potongan kertassejumlah peserta didik yang ada dalam kelas.
  • Bagi jumlah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama.
  • Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas HVS yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan, kemudian jawabannya dirubah ke bilangan Romawi atau sebaliknya.

 

  1. Pengertian Pair Check

Menurut Shoimin (2013: 119), model Pair Check  (pasangan mengecek) merupakan model pembelajaran di mana siswa saling berpasangan dan menyelesaikan persoalan yang diberikan. Dalam model pembelajaran kooperatiftipe pair check , guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator aktivitas siswa. Pair check  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ide, pikiran, pengalaman, dan pendapatnya dengan benar. Dengan strategi pair checkmemungkinkan bagi siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling memberikan saran.

 

  1. Langkah-langkah Pair Check
  • Berikan kesempatan kepada partner A untuk mengerjakan soal nomor 1, sementara partner B mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partener A selama mengerjakan nomor 1.
  • Selanjutnya bertukar peran, partner B mengerjakan soal nomor 2, partner A mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partner B selama mengerjakan nomor 2.
  • Setelah dua soal diselesaikan, pasangan tersebut mengecek hasil pekerjaan mereka berdua dengan pasangan lain yang satu kelompok dengan mereka.
  • Setiap kelompok yang memperoleh kesepakatan (kesamaan pendapat/cara memecahkan masalah/menyelesaikan soal merayakan keberhasilan mereka, atau guru memberikan penghargaan (reward).
  • Langkah nomor 4, 5, dan 6 diulang lagi untuk menyelesaikan soal nomor 3 dan 4, demikian seterusnya sampai semua soal pada LKS selesai dikerjakan setiap kelompok.

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

  1. Kesimpulan

Berdasarkan pelaksanaan  pembelajaran materi bilangan Romawi kelas IV Sekolah Dasar  melalui penerapan model Index Card Match dengan Pair Check dapat disimpulkan sebagai berikut :

  • Penerapan modelIndex Card Match dengan Pair Checkdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor mata pelajaran matematika  materi bilangan Romawi.

 

  1. Saran

Berdasarkan kesimpulan pelaksanaan pembelajaran materi bilangan Romawi  melalui penerapanmodel Index Card Match dengan Pair Check, penulis menyampaikan saran-saran sebagai berikut :

  • Guru dalam menyajikan pembelajaran model Index Card Match dengan Pair Check sebaiknya diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang ada.
  • Penerapan modelIndex Card Match dengan Pair Check guru harus bisa memberikan motivasi atau contoh terlebih dahulu, sehingga siswa akan lebih tertarik dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
  • Penerapan modelIndex Card Match dengan Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika dilakukan dengan baik antara guru dan siswa. Guru sebaiknya dalam melaksanakan perpaduan model Index Card Match dengan Pair Checkmenggunakan kartu  indek yang menarik.

 

DAFTAR PUSTAKA :

 

  • Rusman, M.Pd. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  • Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar- Ruzz.
  • Zaini, Hisyam, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insani Madani.

 

(Penulis adalah Guru SD Negeri 2 Sumampir,

UPT Dinas Pendidikan KecamatanRembang

KabupatenPurbalingga).

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *