by

Pasar Gede Ditarget Rampung Januari 2016

-Uncategorized-118 views

CILACAP – Sebanyak 360 pedagang Pasar Gede bersama pihak Disperindagkop Cilacap dan penggarap, Kamis (5/11), sepakat revitalisasi Pasar Gede ditarget harus rampung Januari 2016. Pasalnya, ke-360 pedagang yang akan menempati los secara serempak itu menginginkan kerapian.

Salah seorang anggota paguyuban Pasar Gede, Mustofa mengatakan, dari pihak pengelola menginginkan ada penataan saat penempatan. “Untuk menghindari saling menggangu antara satu pedagang dan pedagang yang lainnya,” ujarnya.

Diakuinya, selama renovasi pasar sudah tidak masalah. Namun, dalam tiap prosesnya harus tetap berkoordinasi.

Sementara Kepala Pasar Gede Tugiwan mengatakan pihaknya pasti merespon keinginan pedagang.

“Kami tidak menginginkan terjadinya konflik, sehingga perlu mengkondisikan apa yang menjadi keinginan pedagang selama tidak melanggar aturan,” katanya.

Dia menegaskan, pengelola pasar memang harus bisa menata pedagang agar bisa kondusif dan nyaman. “Saya kira urusan untuk penempatan juga mengikuti aturan saja,” imbuhnya.

Saat penyerahan juga akan disesuaikan berdasarkan kesepakatan proyek dari awal.

Mustangin Mulyana dari pihak penggarap menyatakan, sesuai Surat Perintah Kerja (SPK), pihaknya sudah melakukan pekerjaan hampir satu bulan setengah.

“Pelaksanaan pekerjaannya sudah hampir 70 persen,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk pengerjaan meja dan keramik hampir selesai. “Tinggal satu blok lagi untuk pemasangan lampu,” jelasnya.

Khusus untuk Blok B,  fasilitas lain seperti kios sudah mulai dikerjakan. Sesuai SPK, pihaknya diharuskan selesaimelakukan pekerjaan pada Desember 2015.

Dari data yang didapat, total anggaran untuk pekerjaan revitalisasi Pasar Gede mencapai Rp 1,8 miliar. Awal pekerjaan dimulai pada 13 Agustus dan direncanakan selesai pada Desember 2015.

Desain pasar akan mengikuti Pasar Tanjungsari, yakni  menggunakan konsep pasar semi modern. Dan, tahun 2015 ini Pemkab Cilacap merevitalisasi sejumlah pasar tradisional dengan menggunakan anggaran APBN. (estanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *