by

Nikmati Sunrise di Puncak Igir Wringin Panusupan Purbalingga

-Uncategorized-89 views

Igir Wringin

 

Luar Biasa, Sensasi Gardu Pandang di Pohon,

Bagi Anda yang sudah bosan menikmati matahari terbit di pantai, cobalah kunjungi tempat wisata di Purbalingga yang sedikit menantang. Yah, Anda boleh mengunjungi Puncak Igir Wringin berada di ketinggian 640 meter di atas permukaan air laut.

Igir Wringin, mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat. Destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Panusupan Kecamatan Rembang, Purbalingga ini baru dibuka kurang lebih satu bulan tetapi sudah bisa menyedot ribuan pengunjung dari berbagai penjuru.

Igir Wringin merupakan salah satu daya tarik yang ada di desa itu selain, bukit Sendaren, yang bisa digunakan untuk menikmati Sunrise dan sunset.

Puncak Igir Wringin menyajikan suasana wisata yang baru, dengan gardu pandang di pohon dan lokasi camp areanya kita bisa melihat Kabupaten Purbalingga dari ketinggian. Lokasinya menantang, sangat cocok untuk para wisatawan yang hobi dengan wisata minat khusus. Selain itu para pengelola juga terlihat cekatan dalam menerima pengunjung, kebersihan lokasi juga terjaga

Untuk menuju kesana, Anda dapat menggunakan kendaran pribadi maupun umum. Setelah sampai di Desa Panusupan, ikutilah petunjuk lokasi yang ada di pinggir jalan. Sesampainya di lokasi, Anda terlebih dahulu mendaftarkan diri dan membayar tiket masuk di posko yang telah disediakan.

Setelah itu pengunjung bisa langsung naik menuju puncak. Untuk naik ke puncak, Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per pengunjung, dan tiket Rp. 2.000/ motor.

Perjalanan menuju puncak Igir Wringin ditempuh sekitar 1,5 jam dengan medan yang lumayan menguras tenaga dan nafas. Anda akan menyusuri jalan setapak di pinggir sawah warga.

Sejauh mata memandang akan terlihat tegalan sawah terasiring yang mulai ditanami bibit padi. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki jalanan setapak yang sudah dibentuk seperti tangga.

Selama perjalanan Anda akan ditemani tiupan angin dan hijaunya tanaman di sepanjang jalan. Sedikit menghilangkan lelah. Sebelum sampai di puncak, terdapat dua pos sebagai tempat istirahat pengunjung.

Anda bisa duduk-duduk sejenak di bangku yang telah disediakan oleh pengelola di pos pertama. Mengumpulkan kembali sisa tenaga dan nafas yang terkuras sebelum kembali melakukan perjalanan.

Di pos kedua terdapat dua jalur, satu menuju puncak dan satu menuju curug Luwang Areng. Jika kepuncak pilih jalan yang naik sedangkan untuk kecurug mengambil jalur ke sebelah kiri.

Sesampainya di puncak, Anda akan disambut semilir angin yang langsung menghilangkan lelah, hamparan perbukitan tampak hijau seperti lukisan. Rumah-rumah penduduk tampak seperti titik-titik kecil diatas lukisan. Sejuk, menenangkan, rasanya tak ingin turun lagi.

Anda penasaran, silahkan mencoba mengunjungi Igir Wringin, destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Panusupan Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *