by

Motif Batik Carica Laku Keras

-Uncategorized-69 views

Produk Rumah Edukasi Batik KUB Carica Lestari Wonosobo

 

IMG_8606

Batikmerupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang atau daerah.

Seperti halnya batik garapan Kelompok Usaha Batil (KUB) Carica Lestari Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Sejak 2008  KUB Carica Lestari melalui Rumah Edukasi Batik ikut mewarnai khasanah motif batik di tanah air.

Pemimpin produksi Rumah Edukasi Baik, Hanifah menjelaskan, motif batik yang kami tonjolkan selalu bertema potensi alam di daerah Wonosobo. Seperti motif kria berbentuk daun carica, buah purwaceng, dan gunung sindoro sumbing.

“Kalau  proses membatiknya sama seperti lazim kebanyakan orang membatik, batik tulis menggunakan alat tradisonal canting hingga mengguakan alat modern secara printing,”ungkapnya kepada lintas24.com.

Ia menambahkan, pemasaran batik sudah ke berbagai kota besar, diantaranya Jakarta sebagai pasar utama, luar Jawa hingga luar negeri. “Saat ini kami mewadahi 30 karyawan yang mayoritas pekerjanya adalah kaum perempuan,”ungkapnya. (sinnangga)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *