Menteri Sofyan : Lokasi Ibu Kota Baru Ada di Kalimantan Timur

Uncategorized116 views

Pemerintah Pusat membutuhkan lahan sekitar 3.000 Hektare (Ha) untuk pembangunan Ibu Kota Negara di tahap pertama. Sementara, secara keseluruhan nantinya akan dibutuhkan lahan sekitar 200.000 hingga 300.000 Ha. Saat ini pemerintah memang telah mengkaji beberapa wilayah untuk menjadi ibu kota baru. Salah satu kota yang hampir pasti jadi lokasi baru ibu kota adalah Kalimantan Timur.

“Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum,” tutur Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil usai menghadiri rapat koordinasi mengenai rancangan undang-undangan Pertanahan , di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22 Agustus 2019).

Menteri Sofyan menambahkan, begitu lokasi ibu kota di Kalimantan Timur ditetapkan, pemerintah akan segera mengunci lahan untuk menghindari spekulan tanah. Sementara itu, gedung-gedung yang pertama kali dibangun nantinya adalah kantor presiden, kantor menteri dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Begitu diputuskan lokasinya (ibu kota baru) di mana, (langsung) kita kunci. Tentu yang pertama dibangun kantor presiden, kantor menteri, DPR juga beberapa lainnya. Untuk core pertama itu sekitar 3.000 ha. Setelah itu luasanya 200.000-300.000 sehingga bisa dibikin kota taman, kota yang indah, banyak tamannya orang bisa hidup sehat, udaranya sehat. Sehingga kita harapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *