by

Masyarakat Kejobong Berikan Blangkon Kepada Bupati Tasdi

-Uncategorized-97 views

 

IMG_1144

Masyarakat pegiat seni Kecamatan Kejobong yang tergabung dalam Paguyuban Seni Karawitan Madya Laras memberi hadiah blangkon kepada Bupati Purbalingga Tasdi, di dalam acara uyon-uyon Pendapa Dipokusumo, Selasa malam (24/5).

Pengayom Madya Laras dari Kecamatan Kejobong,  Suwardi menjelaskan, Bupati Tasdi dinilai peduli dalam melestarikan  budaya jawa, khususnya bidang seni karawitan Uyon-uyon yang diselenggakan setiap bulan di pendapa kabupaten serta, diawal kepemimipinannya, Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayunung Pratiwi yang rencananya akan mengadakan seperangkat gamelan untuk setiap kecamatan dan pendirian gedung kesenian di Purbalingga. Atas kepeduliannnya,

“Kami atas nama masyarakat Kecamatan Kejobong memberi apresiasi yang tinggi atas kepedulian bupati dan wakil bupati dalam melestarikan seni budaya karawitan  di Purbalingga,”ujar Camat Kejobong Suwardi

Dalam sambutannya, Bupati Purbalingga Tasdi memberi apresiasi grup kesenian Madya Laras yang dipimpin oleh Camat Kejobong. Bupati mengungkapkan, bahwa diawal memimpin Purbalingga bersama Wakil Bupati Dyah Hayuning Partiwi sudah empat kali menyelenggarakan kegiatan uyon-uyon di pendapa kabupaten. Namun sambutan masyarakat kejobong dalam menyengkuyung seni karawitan sangat tinggi.

“Malam ini sungguh luar biasa, buktinya, sudah empat kali kegiatan uyon-uyon di pendapa, baru kali ini mendapatkan antusias dari para pegiat seni dan masyarakat Kejobong,”kata bupati.

Bupati mengungkapkan, dengan semakin menurunnya kecintaan generasi muda terhadap seni budaya, merupakan PR bagi pemerintah daerah, agar bagaimana menggerakan generasi muda menggerakan program pengembangan seni budaya, baik lembaga formal mulai dari SD/ SMP/ SMA termasuk kelompok masyarakat untuk ikut nguri-nguri kesenian karawitan.

“Untuk itu, nanti dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016, sebagai bentuk nyata serta  komitmenpemkab terhadap pengembangan seni karawitan, salah satunya dengan pengadaan seperangkat gamelan untuk setiap kecamatan dan pembangunan gedung kesenian di Purbalingga,”ungkap Bupati.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *