by

Masyarakat Kampung KB  Sirandu Lakukan Gebrak

-Uncategorized-50 views

 

Masyarakat Kampung KB Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu menyelenggarakan Gerakan Bersama rakyat (Gebrak) gotong royong Selasa (26 Maret 2019). Dari 36 kampung KB yang ada di Purbalingga, hanya Desa Sirandu yang menginisiasi gerakan ini.

Kepala Dinsosdalduk KB P3A Kabupaten Purbalingga, Wahyu Eko Nanto mengungkapkan, itu sebuah gagasan  yang bagus karena kampung KB tidak harus identik dengan gerakan pengendalian jumlah penduduk namun juga kegiatan sosial yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Berarti ini menjadi yang pertama kalinya sebuah kampung KB menginisiasi sebuah gerakan sosial yang manfaatnya bisa langsung dirasakan,” kata Wahyu.

Penggagas acara Gebrak, Purwono mengungkapkan, kampung KB harus memberi kontibusi positif pula kepada lingkungan. Tujuannya memberikan stimulus kepada masyarakat dengan kesibukan yang bermakna, tingkat perkawinan di usia muda bisa ditekan dan jumlah penduduk bisa dikendalikan lebih optimal.

“Di Kecamatan Karangjambu angka pernikahan di usia dini masih tinggi yang tentunya membutuhkan peran aktif semua elemen untuk mensosialisasikan kematangan usia untuk berumah tangga,” tuturnya.

Purwono menambahkan, walaupun jumlah pernikahan dini tinggi termasuk di Sirandu, jumlah kepesertaan KB di Sirandu tergolong tinggi. Hal itu dibuktikan dengan jumlah anak per KK yang berada di bawah 4. Kesadaran KB di Sirandu juga tinggi terlebih kaum pria pun ikut program kontrasepsi vasektomi yang di lain Desa angkanya masih rendah.

“Akan tetapi, vasektominya lumayan tinggi yang berimplikasi pada tertekannya angka kelahiran. Rata-rata anak di setiap KK juga di bawah empat yang artinya pengendalian penduduk sudah mulai bagus,” ungkapnya.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *