by

Luna si Kuda Pustaka Dapat Teman dari Bupati Tasdi

-Uncategorized-95 views

P_20160516_123828

 

Luna, Kuda Pustaka akan mendapatkan teman untuk menebar ilmu pengetahuan. Kuda jantan akan menemani luna meruapakan bantuan dari Bupati Purbalingga, Tasdi, SH.,MM.

Bupati Tasdi menjelaskan, gagasan perpustakaaan keliling yang diangkut oleh kuda sudah dijalani Ridwan dan Kuda Pusataka Luna sejak Desember 2014. Selain potensi wisata agro yang dimiliki, di Desa Lereng Timur Gunung Slamet ini juga tersimpan mutiara-mutiara yang terpendam. Untuk itu kPemerintah Kabupaten akan menambah satu kuda lagi agar operasional Kuda Pustaka dapat lebih lancar dan area layanannya makin luas.

“Ini bentuk penghargaan dari pemerintah, nanti akan kita tambah sarana dan prasarananya agar bisa lebih kreatif lagi. Kudanya kita tambah satu lagi untuk membawa orangnya. Jadi yang untuk mengangkut buku ada, yang ditunggangi Pak Sururi juga ada,” ujar Bupati Tasdi saat pembukaan acara Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 14 di Lapangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Senin (16/5).

Selain tambahan seekor kuda, Bupati Tasdi juga akan menambah koleksi buku untuk melengkapi koleksi Kuda Pustaka yang sudah ada. Harapannya, Kuda Pustaka dapat lebih inovatif dalam mengajak masyarakat gemar membaca buku.

“Saya juga mengajak para pejabat, Camat dan lainnya untuk bisa mensuport kegiatan ini (Kuda Pustaka-red). Bilamana mempunyai buku-buku yang bermanfaat untuk dapat dikumpulkan dan diberikan kepada Kuda Pustaka, sehingga dapat mempercepat upaya mencerdaskan rakyat Purbalingga termasuk masyarakat di wilayah Kecamatan Karangreja ini,” katanya.

Ridwan Sururi, pengelola Kuda Pustaka mengaku senang mendapat tambahan perhatian dari Bupati. Ia menuturkan, saat ini dirinya sudah memiliki koleksi buku sebanyak 2.500 judul terdiri dari 3000 eksemplar.

“Buku-buku tersebut diperolehnya dari sumbangan berbagai pihak seperti Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah, dari Kabupaten, perorangan dan komunitas. Bahkan juga ada sumbangan dari luar negeri seperti Singapura, Amerika dan Belanda,”ungkap Ridwan.

Dia mengaku mau melakukan kegiatan perpustakaan keliling secara gratis hanya untuk memenuhi kepuasan batinnya. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Ridwan juga memanfaatkan Luna sebagai kuda wisata yang beroperasi di Rest Area Lembah Asri Desa Wisata Serang.

“Luna itu kuda milik orang tapi saya yang memelihara. Alhamdulillah sebelumnya saya sudah mendapat bantuan seekor kuda dari Jerman. Dan Hari ini Pak Bupati nambahi satu lagi,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *