by

KPU Kabupaten Purbalingga Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

-Uncategorized-41 views

Sejumlah logistik untuk Pemilu 2019 mulai didistribusikan ke tiap kecamatan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga. Ditargetkan distribusi selesai pada 15 April mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan, Kamis (11/3) mengatakan, pengiriman logistik pemilu tersebut dilaksanakan sejak 9 April lalu. Diawali dengan pengiriman bilik suara yang selesai selama dua hari. Sedangkan mulai kemarin pendistribusian dilakukan untuk kotak suara beserta surat suara dan formulir lainnya.

“Mulai hari ini (kemarin) kotak suara berisi surat suara dan formulir lengkap mulai kami kirimkan ke masing-masing kecamatan. Surat suara beserta formulir lainnya terlebih dulu diseting di gudang KPU oleh PPK dan PPS di tiap dapil,” katanya.

Pengiriman dilakukan secara bertahap sesuai urutan daerah pemilihan (dapil). Kotak suara tersebut diangkut dengan truk dan dikawal oleh petugas dari Polres Purbalingga dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga untuk memastikan dokumen negara tersebut sampai di lokasi tanpa kendala.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Purbalingga Divisi SDM dan Organisasi,Setiawati mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan dan pengawasan distribusi logistik oleh KPU ke masing-masing dapil sesuai jadwal. Pihaknya memastikan logistik terdistribusi tepat sasaran sesuai kebutuhan pada masing-masing Kecamatan dan memastikan terjaga keamanan dan kerahasiaannya terutama surat suara.

“Logisitik Pemilu merupakan barang berharga yang harus dijaga dan dipastikan pendistribusiannya benar dan tepat. Jangan sampai nanti ada kekurangan atau kelebihan logistik sesuai kebutuhan, tertukarnya logistik baik dalam jenis dan jumlahnya, maupun penempatan logistik tidak sesuai dengan kecamatan dan TPS yang seharusnya” tegasnya.

Kabag Ops Polres Purbalingga, Kompol Herman Setiono mengatakan, sesuai dengan prosedur, pihaknya melakukan pengawalan terhadap distribusi logistik pemilu. Sebab sebagai dokumen negara, harus dijaga jangan sampai terjadi masalah di lapangan saat pendistribusiannya. Pihaknya juga akan menjaga logistik tersebut di tiap kecamatan sampai nanti akan didistribusikan lagi ke masing-masing TPS jelang pemungutan suara.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *