by

Kemendagri Terus Mencari Azaz Pancasila di AD/ART FPI

-Uncategorized-110 views

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan dalam Surat keterangan terdaftar (SKT) ormas ada-tidaknya asas Pancasila dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Front Pembela Islam (FPI)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) tidak hanya menelaah perpanjangan SKT FPI, tapi juga menelaah sekitar 400 ribu ormas yang terdata di Kemendagri dan Kemenkum HAM. Setiap kali izin SKT ormas tersebut habis, penelaahan akan dilakukan. Pengecekan termasuk apakah AD/ART ormas tersebut menerima Pancasila.

” Khususnya yang menyangkut AD/ART, menerima Pancasila atau tidak. Itu saja intinya. Itu pasti SKT-nya, kalau habis masa berlaku ya, semua dicek betul,” ungkap Mendagri Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (30 Juli2019).

Menurutnya, saat ini proses yang berlangsung adalah masalah teknis. Tjahjo juga membantah ada isu politis yang membuat proses perpanjangan SKT FPI belum selesai.

“Nggak ada, nggak ada. Yang ditelaah oleh Polpum, Dirjen Polpum kami, tidak hanya FPI kok. Semua, ada 400 ribu lebih ormas yang terdata, baik di Kemendagri, Kementerian hukum dan HAM, dan sebagainya,” ucapnya.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *