by

Kantor Panwaslu Dibobol Maling, Dua Laptop Raib

-Uncategorized-73 views

IMG_20160425_143645

Kantor Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga yang berlokasi di ruas Jalan Komisaris Noto Sumarsono Purbalingga disatroni pencuri. Dua unit laptop inventaris Pemkab senilai Rp 10 juta raib.

Kejadian itu diketahui kali pertama pada Senin (25/4) kira-kira pukul 09.00 oleh Bendahara Panwaslu Purbalingga, Ruswanto. Ia yang waktu itu masuk ke kantor merasa heran karena pintu belakang dan pintu ruangan komisioner terbuka dan ada luka pada daun pintu seperti bekas dicongkel.

“Saya masuk dan karena curiga lalu saya mengecek ruangan komisioner. Ternyata dua buah laptop yang disimpan di dalam lemari sudah tidak ada. Hanya tinggal kardusnya saja,” katanya saat dimintai keterangan oleh polisi.

Mengetahui ada barang yang raib, ia lalu memberi tahu anggota komisioner Panwaslu. Pihaknya juga melaporkan kejadian pencurian tersebut ke Polsek Purbalingga. Polisi pun datang ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan meminta keterangan para saksi.

“Laptop itu sebelumnya untuk operasional saat pilkada dan sudah selesai dipakai pada Maret lalu. Data-data juga sudah bersih semua. Sebenarnya laptop itu mau dikembalikan ke Pemkab hari ini (kemarin). Tapi ternyata malah kejadian seperti ini,” kata salah satu komisioner Panwaslu Purbalingga Arto Wibowo.

Sementara itu, Kepala Polsek Purbalingga Ajun Komisaris Suprihatin mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di kantor Panwaslu Purbalingga untuk mencari pelakunya.

Dia sendiri belum bisa memastikan waktu tepatnya pencurian itu terjadi. Sebab berdasar keterangan yang didapat dari para saksi, kantor itu ditutup terakhir pada Jumat sore dan baru dibuka pada Senin pagi. Adapun modus yang dilakukan oleh pelaku diduga masuk pada malam hari dengam cara memanjat pintu gerbang, kemudian mencongkel pintu belakang untuk masuk ke dalam kantor dan mencongkel kembali pintu ruang komisioner. Setelah berhasil menggasak dua laptop, pelaku lalu kabur.

“Yang diambil dua laptop merk Asus. Di ruang itu juga ada dua unit komputer dan dua unit printer, tapi tidak diambil. Kerugian materi ditaksir Rp 10 juta. Pelakunya berapa, masih kami selidiki,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *