by

Kampung Tertib Lalu Lintas Perumahan Griya Abdi Kencana Mewakili Polres Purbalingga di Lomba Polda Jateng

-Uncategorized-43 views

Baca Juga : Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman Memantau Kesiapan Kampung Tertib Lalu Lintas

Baca Juga : Warga Bentuk Kampung Lalu Lintas, Pertama di Purbalingga

Baca Juga : Wartawan Cilik Espero Kunjungi Kampung lalu Lintas Purbalingga

Kampung Tertib Lalu Lintas yang berada  di Perumahan Griya Abdi Kencana Kelurahan Purbalingga Wetan kembali mewakili Polres Pubalingga dalam lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang diselenggarakan Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Subdit Kamsel) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah, Rabu (18 September 2019)

Baca Juga : Satlantas Polres Purbalingga Terus Tekan Angka Kecelakaan

Kapolres Purbalingga, AKBP Kholilur Rochman yang ikut serta memantau kegiatan menuturkan, taman edukasi dan kampung tertib lalu lintas ini memiliki  peran startegis dalam mengedukasi masyarakat agar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama. Terdapat becak pustaka lalu lintas, tempat latihan berkendara yang sesuai aturan, rambu-rambu lalu lintas, imbauan-imbauan untuk keselamatan berlalu lintas.

Baca Juga : Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga Gelar Binluh. Tingkatkan Kesadaran Hukum Pelajar

“Kalau masyarakat sudah mau tertib berlalu lintas, maka bisa menjadi pelopor keselamatan dan angka kecelakaan bisa ditekan. Zero kecelakan, kalau masyarkat sudah mengerti arti rambu lalu lintas yang terpasang dan mencontohkan kepada anaknya. Mengedukasi masyarakat, ini yang terpenting,  karena angka kecelakaan saat ini masih tergolong tinggi.,” ungkap AKBP Kholilur Rochman di taman edukasi lalu lintas di jalan Mayjend Panjaitan Kelurahan Karang Sentul.

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng yang ditunjuk menjadi ketua tim,  Kompol Bero Suprihatin menuturkan, Ditlantas Polda Jateng menggelar Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas untuk menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara tahun 2019. Penilaian juga dilakukan di Polres lainnya.

“Tadi, kami memulai penilaian dari taman edukasi lalu lintas yang berada di jalan Mayjend Panjaitan Kelurahan Karang Sentul. Kami melihat penampilan wayang lalu lintas dan edukasi keselamatan berlalu lintas  oleh anggota Satlanlantas Polres Purbalingga kepada pengunjung taman,” tuturnya.

Ia menuturkan, inovasi dari Polres Purbalingga ini ada dua, selain kampung lalu lintas, terdapat  taman edukasi lalu lintas, yang merupakan sarana edukasi untuk memberikan pemahaman tentang lalu lintas dengan ukuran yang lebih kecil dari sebenarnya

“Taman edukasi lalu lintas terpisah dengan kampung lalu lintas. Taman edukasi ini bisa digunakan untuk memberi pembelajaran terhadap anak-anak maupun siswa tentang fungsi rambu dan tata cara berkendara yang baik. Kampung dan taman edukasi lalu lintas ini terpisah, beda tempat, ini bagus sekali,” ungkap Kompol Bero Suprihatin

Ia menjelaskan, dalam penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas terdapat poin penilaian seperti jalan raya, sarana dan prasarana, kelengkapan rambu lalu lintas serta masyarakat yang berkendara apakah sudah tertib atau ditemukan adanya pelanggaran.

“Di kampung tertib lalu lintas ini, dari pengamatan yang kita dilakukan, tidak menemukan adanya pelanggaran. Ini membuktikan kesadaran masyarakat akan keselematan berlalu lintas mulai tumbuh,” kata Kompol Bero Suprihatin

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP SS. Udiono mengungkapkan, Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan PurbaIingga Wetan merupakan representasi dari tertib berlalu lintas warga.

“Kami berharap dengan adanya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas bisa menurunkan angka kecelakaan. Karena untuk tertib berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja namun perlu peran serta seluruh pihak,” kata AKP SS. Udiono.

Ketua RT 04 RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan, Mahendra Yudhi Krisnha menuturkan, keberadaan kampung lalu lintas diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat sehingga dapat dalam tertib berlalu lintas di jalan raya dengan baik dan aman.

“Kami memulai pondasi tertib di lingkungan rumah kita sendiri, kemudian kami memberikan inspirasi kepada warga yang lain untuk tertib juga,” katanya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *