by

Kades Harus Memahami Manajemen Pemerintahan Desa

-Uncategorized-34 views

 

Para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Purbalingga diharapkan memahami manajemen Pemerintahan Desa, perencanaan pembangunan desa, alur pengelolaan keuangan desa dan mekanisme penyusunan peraturan desa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga, Muhammad Najib dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Aula Andrawina Owabong Cottage Bojongsari

“Sebanyak 224 Kades mengikuti peningkatan kapasitas.  Para kades di Purbalingga dapat mengerti dan memahami manajemen pemerintahan desa secara professional. Selanjutnya, para kades ini dapat menyusun dokumen perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa (musdes), musrenbangdes, RKPBDes dan RPJMDes,”ungkapnya.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Agus Winarno mengatakan pembekalan bagi kepala desa ini merupakan kegiatan yang penting. Hal ini dikarenakan para kades ini yang menjalankan pemerintahan di desanya masing-masing dan harus memahami administrasi pemerintahan desa.

“Karena tugas kades itu sesuai UU No 6 Tahun 2014 sudah jelas, satu menyelenggakan pemerintahan, kedua melaksanakan pembangunan, ketiga melakukan pembinaan masyarakat, dan yang keempat pemberdayaan masyarakat,” kata Agus.

Kades juga harus melakukan lima fungsi untuk menjalankan tata laksana pemerintahan desa, yang pertama fungsi  pengaturan. Fungsi kedua yakni pelayanan, yang ketiga fungsi pembangunan dan fungsi keempat yakni fungsi pemberdayaan serta fungsi yang terakhir yakni fungsi perlindungan.

“Jadi para kades ini harus memahami betul fungsi tersebut, sehingga dalam menjalankan tugasnya bisa lebih baik,” pungkasnya.

Narasumber pada pelaksanaan kegiatan tersebut yakni Plt Bupati Purbalingga, Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga, Kapolres Purbalingga,Inpektur Inspektorat Purbalingga, Kepala Dinpermasdes Purbalingga, dan Kepala Bapelitbangda Purbalingga. Kemudian Kabag Pemerintahan, Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Dinpermasdes Purbalingga dan Staf Ahli Hukum Kabupaten Purbalingga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *