by

Jalur Alternatif Jembatan Sipait Pemalang Siap Dilewati Pemudik

-Uncategorized-121 views

df31e10cff85db07dcfaa892a81f2897
Jembatan Sipait, Pemalang, Jawa Tengah yang sebelumnya diperbaiki kini siap dilewati para pemudik. Jembatabn tersebut salah satu akses jalur alternatif rute Comal-Sragi-Bojong-Kedungwuni-Ponolawen-Pekalongan.

Berdasarkan pantauan di Kabupaten Pemalang, Minggu (19/6), kondisi jalur alternatif itu telah siap difungsikan untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada arus mudik Lebaran 2016 di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah.

Untuk melalui jalur alternatif sepanjang 27 kilometer tersebut, pemudik dari arah barat (Jakarta) belok ke kanan pada pertigaan setelah melewati Jembatan Comal. Dengan perpaduan aspal dan cor beton, jalan selebar 6 meter sudah cukup nyaman dilewati pemudik, meskipun di beberapa titik terdapat jalan berlubang yang perlu segera mendapat perbaikan.

Sementara kondisi jalan rusak di jalur alternatif Comal-Pekalongan itu banyak ditemui di ruas jalan raya Sragi-Kesesi. Adapun lampu penerangan jalan yang melewati pemukiman penduduk tersebut juga perlu ditambah, termasuk rambu-rambu peringatan dan penunjuk jalan meskipun sudah ada di beberapa titik.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan AKP Didi Dewantoro mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan tim pengurai di sejumlah titik jalur pantura Pemalang guna mengantisipasi kemacetan akibat perbaikan Jembatan Sipait.

“Jika Jembatan Sipait B (dari arah barat) sudah bisa difungsikan, kemungkinan kami akan gunakan sistem 3-1, yakni dengan memprioritaskan kendaraan dari arah barat (Jakarta) menggunakan jembatan darurat untuk kendaraan ringan, Jembatan Sipait B, dan¬†contra flow¬†Jembatan Sipait A,” katanya.

Polres Pekalongan juga akan membuka jalur alternatif Comal-Pekalongan untuk mengurai kemacetan di titik tersebut, meskipun banyak pemudik yang lebih memilih melalui jalur pantura.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *