by

Instagram Buat Aturan Ketat. Ambil Gambar Milik Orang Lain Kini Wajib Izin

-Uncategorized-57 views

Instagram mulai membuat aturan yang mewajibkan semua pengguna meminta izin saat ingin menyematkan gambar atau konten milik pengguna Instagram lain. Pihak Instagram mengaku membuat aturan ini untuk melindungi hak cipta konten milik pengguna. Pasalnya, tak sedikit konten milik pengguna Instagram yang diunggah di situs web lain tanpa seizin pemilik konten tersebut.

“Kebijakan Instagram mewajibkan pihak ketiga untuk mendapat izin dari pemegang hak yang berlaku. Termasuk memastikan mereka memiliki lisensi atas konten yang diunggah, jika hukum mewajibkan memiliki lisensi,” jelas juru bicara Instagram.

Kebijakan baru ini dibuat berdasarkan kasus yang menimpa situs berita internasional Newsweek yang digugat oleh seorang fotografer bernama Elliot McGucken. Newsweek diketahui telah menyematkan foto hasil jepretan Elliot di halaman web mereka tanpa seizin pemilik foto.

Instagram juga mengatakan bahwa mereka dapat memberikan izin lebih lanjut kepada pihak ketiga (sub-license) atau pengguna Instagram lain untuk menggunakan konten yang ada di platform. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk konten yang disematkan (embeded).

“Meskipun persyaratan kami (Instagram) memungkinkan untuk memberikan sub-lisensi, tetapi itu tidak berlaku untuk embed API pada platform kami,” kata juru bicara Instagram dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, pihak Newsweek pun menentang gugatan tersebut. Mereka mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan tidak melanggar kebijakan Instagram terkait hak cipta.

Namun, pihak Newsweek seperti tertulis di The Verge mengungkapkan bahwa Instagram seharusnya membebaskan siapa pun dapat mengunggah postingan dari platform-nya.

Menyangkut soal hak cipta, Instagram menyarankan pihak ketiga untuk menghubungi pemilik akun terlebih dahulu melalui Direct Message atau kontak lain yang tercantum di dalam profil Instagram mereka sebelum menyematkan unggahannya ke situs web lain.

Apabila tidak meminta izin, maka orang yang “mencomot” gambar milik pengguna Instagram untuk disematkan pada situs web lain dapat dikenai gugatan hak cipta. Sejauh ini, pengguna juga bisa mengamankan foto miliknya di Instagram dengan mengatur profilnya menjadi private, bukan terbuka kepada publik.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *