by

Inovasi Lumpia Bengkoang Karya Mahasiswa KKN UMP

-Uncategorized-66 views

 

Bengkoang atau  Pachyrhizus erosus dikenal dari umbi (cormus) putihnya, biasanya umbi ini diolah menjadi rujak atau lurus dan diambil patinya untuk tepung. Melihat potensi bengkoang di Kabupaten Kebumen yang berlimpah, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun berinovasi membuat cemilan agar bengkoang yang mengandung kalsium, vitamin C dan B6 bisa dinikmati semua kalangan, baik anak maupun dewasa

“Mahasiswa KKN UMP Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun ini berinovasi meningkatkan nilai tambah Bengkoang dengan menjadi olahan lumpia Bengkoang yang mempunyai nilai gizi yang tinggi,” ungkap Dosen Pembimbing dr Titik di Purwokerto (15 Agustus 2019).

Ia menjelaskan, tim yang terdiri dari dosen dan 10 mahasiswa selama dua hari mengadakan pelatihan dan pendampingan tentang cara pengolahan bahan lokal Bengkoang. Ke 10 mahasiswa tersebut yakni Feri Isnanto, Gita Rahmadani, Nisa Maulyda, Dyah Ayu Pangukir, Andi Setiawan, Amalia Fauziah, Karina Gading Yustesari, Dias Afrida Leolita, Muhammad Azam Abdulloh, dan Tri Yuliani.

“Hasil inovasi kami terasa lezat dan dapat diyakini dapat menghidupkan ekonomi keluarga karena dapat dijual dengan harga yang menguntungkan. Adanya inovasi lumpia bengkoang dari mahasiswa KKN UMP diharapkan mampu menjadi pilihan oleh-oleh,  dan dapat terus dikembangkan ibu-ibu di sana,” jelasnya.

Sementara itu Sekertaris Desa, Novy mengungkapkan, Desa Pejagatan sedang bergiat menjadi desa wisata dimana sudah ada unggulan yakni kerajinan gerabah yang mendapat penghargaan nasional.

“Lumpia Bengkoang semoga menjadi alternatif oleh-oleh di Desa Pejagatan kami ini selain gerabah,” pungkasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *