by

Ini Zonasi PPDB SMA di Purbalingga

-Uncategorized-74 views

Orang tua atau calon siswa yang akan melanjutkan ke SMA Negeri diminta untuk mencermati aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (Baru). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri melalui surat yang dikirim kepada SMA se-Jawa Tengah tentang juknis PPDB, Minggu petang (23/6).

Jumeri mengatakan, mulai hari ini Senin (24/6) hingga 28 Juni mendatang dilakukan verifikasi data calon peserta didik yang dilakukan di SMA yang dituju oleh pendaftar. Sesuai aturan, mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB pendaftar mengambil nomor urut verifikasi data yang kemudian akan dilayani.

“Mulai pukul 07.00-12..00 WIB pendaftar akan diberikan nomor urut dan dilayani. Tapi kalau jam 12.00 belum dilayani tapi sudah dapat nomor urut, harus dilayani hingga selesai,” kata Jumeri.

Khusus untuk hari terakhir (Jum’at), akan dilayani hingga pukul 15.00 karena pada jam 11.00 akan ada jeda istirahat hingga pukul 13.00 WIB.  Jumeri berharap agar pendaftar mencermati aturan waktu pendaftaran agar tidak terjadi salah persepsi yang berakibat pada kerugian bagi calon peserta didik.

“Saya harap semua peserta didik memahami aturan waktu yang ditentukan. Jangan sampai calon peserta didik mengalami kerugian karena ketidaktahuan mereka,” ujarnya.

Dia menambahkan, aturan lain yang harus dicermati adalah system zonasi yang telah diatur oleh Mendikbud RI. Ada beberapa mekanisme system tersebut yang harus dicermati calon peserta didik dan para orang tua yang akan mendaftarkan anaknya ke SMA pilihan mereka. Yang pertama, 90% kuota adalah zonasi yang dibagi dua kriteria yaitu 70% berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah dan 20% prestasi dalam zona.

“Perlu dicermati oleh para pendaftar kemudian adalah 90% disediakan untuk pendaftar dalam zona. 90% itu terdiri dari 70% berdasarkan jarak tempat tinggal dan yang 20%-nya anak yang memiliki prestasi dalam zona tersebut,” imbuhnya.

10% sisa dibagi menjadi dua yaitu 5% prestasi luar zona dan 5% karena perpindahan tugas orang tua. Dirinya mengimbau kepada seluruhnya untuk mencermati aturan-aturan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman dan mencermati atau mengira-ira akan ada di zona mana calon peserta didik itu berada.

“Sudah harus bisa mengira-ira di zona mana terdaftar agar bisa langsung dan cepat menuju sekolah tersebut,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *