Ikatan Lulusan Esempe Loro Purbalingga 1990 Salurkan APD

Uncategorized132 views

Ikatan Lulusan Esempe Loro Purbalingga 1990 (Iluspero 1990) menggelar  aksi sosial sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Selain memberikan sosialisasi dan edukasi kepada 224 orang anggotanya dalam upaya menekan penyebaran covid-19, Iluspero 1990 juga menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada para tenaga kesehatan dan petugas di posko pemeriksaan yang berada diperbatasan Kabupaten Purbalingga.

Pengendali kegiatan, Indrawan Prasetya mengungkapkan, aksi sosial ini ditujukan kepada teman-teman anggota Iluspero 1990 yang bertugas di garda terdepan menghadapi pendemi COVID-19. Mereka bertugas di Puskesmas Kalikajar, Puskesmas Bojongsari, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Purbalingga.

“Teman-teman kami ada yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan dan petugas di posko pemeriksaan yang berada diperbatasan Kabupaten Purbalingga. Mereka bersama teman-temannya bertugas di garda terdepan menghadapi pandemi COVID-19. Maka sangat penting untuk melindungi diri dengan menggunakan APD,” ungkapnya kepada cyber media lintas24.com, di Sekretariatnya Jalan Letkol Isdiman Purbalingga, Jumat (3 April 2020).

Oleh karena itu lanjutnya, anggota Iluspero 1990 tergerak untuk membeli dan menyalurkan APD seperti masker kain, alkohol, hand sanitezer, baju hasmat, kacamata google, penutup kepala dan sarung tangan.

“Untuk tahap pertama, kami sisihkan Rp. 10.000.000 dari uang kas untuk pengadaan APD. Meski tak bisa memberikan lebih banyak, paling tidak ini sebagai upaya dari Iluspero 1990 untuk bersama-sama mencegah dan menangkal penyebaran wabah COVID-19,” tuturnya.

Kepala Puskesmas Kalikajar yang juga anggota Iluspero 1990, Waryanto bercerita tentang APD yang jadi senjata pertahanan utama menangkal Covid-19. APD ini harus digunakan oleh para tenaga kesehatan. Bukan main rumitnya, seluruh tenaga kesehatan yang bekerja harus menggunakan masker standar, kacamata pelindung, pakaian pelindung tubuh atau hazmat, dan sarung tangan.

“Kelangkaan APD apalagi masker standar menjadi permasalahan tersendiri bagi kami. Ijinkanlah mewakili Bu dokter Farkhatun di Puskesmas Bojongsari, Pak Eko di Dinhub, Bu Ning di Satpol PP, kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya dari Iluspero 1990. Semoga aksi ini menjadi pahala bagi teman-teman semuanya,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat dan khusus untuk anggota Iluspero 1990 tetap melakukan cuci tangan yang benar, melakukan jaga jarak (physical distancing) untuk mengurangi penularan corona, dan agar tetap di rumah.

“Kami berharap, Iluspero 1990 terus mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19, misalnya tetap berdiam diri di rumah, lakukan social distancing, kalau tidak penting jangan ke mana-mana,” pesannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *