by

Hari Ini,  Ujian Sekolah SD/MI Selesai

-Uncategorized-67 views

UPT Purbalingga

Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di kabupaten Purbalingga berjalan lancar dan berkualtas. Ujian sekolah tahun ini diikuti oleh 12.468 siswa dari 464 SD dan 3.508 siswa dari 178 MI.

Kepala bidang  Pendidikan Dasar  pada Dias Pendidikan kabupaten Purbalingga, Sarjono, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, pelaksanaan US 2016 memberikan soal ujian kepada siswa tidak membedakan antara sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 (Kurtilas) dan non kurtilas.

“Soalnya yang diujikan sama, tidak membedakan sekolah yang menerapkan kurtilas maupun yang non kurtilas,” ungkap Sarjono kepada Lintas24.com dan elemen disela-sela pemantuan US di hari terakhir, Rabu (18 Meri 2016).

Sarjono menambahkan, materi soal US tahun ini dibuat dengan perbandingan 75 % dari Dinas Pendidikan Provinsi dan 25 % paket dari Kementerian Pendidikan Nasional. Dari 75 % soal yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Provinsi itu melibatkan para guru dari masing-masing Kabupate/Kota di Jawa Tengah.

“Dari sisi materi soal, saya nilai berkualitas. Karena tidak ada kesalahan tulis maupun sanggahan dari para guru.” Ungkapnya.

Sarjono menambahkan, komponen kelulusan siswa tahun ini, harus sesuai dengan Prosedur Operasional Sekolah (POS) yang didalamya terdapat ketentuan antara lain, siswa harus menyelesaikan ketuntasan seluruh program sekolah dalam hal kegiatan belajar, lulus US, dan nilaa sikap siswa harus baik.

“Siswa dinyatakan lulus, kalau sudah memenuhi  tiga komponen kelulusan, diantaranya  siswa telah tuntas mengikuti program kegiatan belajar di sekolah,” ungkap Sarjono.

Dari pantauan Lintas24.com dan elemen,  pelaksanan US di UPT Dinas Pendidikan Bobotsari berjalan lancar. Sekretaris panitia US Bobotsari, Bombong Giri Harjono, mengatakan 842 siswa SD/MI, telah mengiuti US sejak 17-19 Mei 2016, dengan menyelesaikan tiga mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika  dan IPA.

“Secara keseluruhan pelaksanaan US dinilai lancar dan tidak ada hambatan,” ungkap Bombong.

Hal serupa juga diungkapkan oleh kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Purbalingga, Tohirin. Dikatan pelaksanaan US di Kecamatan Purbalingga diikuti oleh 1.287 siswa SD/MI, materi soal yang diujikan kepada para siswa lebih berkualitas, dibanding  tahun lalu.

“1.287 siswa telah melaksanakan US, untuk Kecamatan Purbaligga ditargetkan meraih peringkat satu kelulusan di Kabupaten Purbalingga.”ungkap Tohirin. (sinnangga)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *