by

Harga Bahan Pokok Masih Stabil

-Uncategorized-64 views

PURBALINGGA – Meskipun menjelang Ramadhan, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Kabupaten Purbalingga saat ini masih stabil. Bahkan ada beberapa komoditi yang turun harganya, walaupun ada pula yang naik harganya namun tidak terlalu signifkan.

Di pasar induk UPT Pasar Segamas, Senin (23/5) komoditi yang harganya turun yaitu cabai. Untuk cabai merah besar keriting dan cabai rawit merah yang hari  sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram, kemarin turun menjadi Rp 18 ribu. Sedangkan cabai rawit hijau turun dari Rp 14 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Untuk komoditi yang harganya naik antara lain bawang merah dari Rp 40 ribu per kilogram naik menjadi Rp 45 ribu, bawang putih dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Kemudian telur ayam ras dari Rp 19 ribu naik menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

Sedangkan daging sapi dari Rp 120 ribu per kilogram malah turun menjadi Rp 115 ribu dan daging ayam ras naik dari Rp 27 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Beras IR 64 kualitas premum turun harganya dari Rp 8.500 per kilogram menjadi Rp 8.000 dan kualitas medium naik dari Rp 8.000 menjadi Rp 8.500 per kilogram. Dan minyak goreng curah harganya stabil di Rp 11.500 per kilogram.

Kepala UPT Pasar Segamas Sunarto mengatakan, harga kepokmas tersebut masih stabil terutama sayuran karena stok dinilai masih melimpah dan harga dari petani masih murah. Mungkin harga tersebut akan naik menjelang puasa nanti, namun kenaikan diprediksi tidak akan melonjak.

“Harga di pasar ini jadi barometer harga di pasar lain. Sebab, untuk sayuran para pedagang di pasar lain kulakan di sini, bahkan untuk para pedagang di luar kota seperti Gombong dan Banjarnegara. Kalaupun harga di pasar lain lebih tinggi, namun tidak terlalu njomplang dibanding di sini,” katanya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *