by

Hadapi Multikrisis, Gapensi Gelar Mukercab

-Uncategorized-46 views

Mukercab XI BPC Gapensi 03

CILACAP – Menghadapi multikrisis yang sangat luas terutama bagi para anggotanya, Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Kabupaten Cilacap, Selasa (12/1), menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) XI di Aula Gedung Sekretariat Gapensi, Jalan Tentara Pelajar 42, Cilacap.

Mukercab digelar untuk melaksanakan konstitusi organisasi sebagaimana Pasal 17 dan Pasal 24 AD/ART Gapensi.

“Kegiatan mukercab ini bertujuan untuk melaksanakan konstitusi organisasi yang diselenggarakan sesuai dengan Pasal 17 dan Pasal 24 AD/ART Gapensi,” kata Ketua BPC Gapensi Cilacap, Zaenal Ma’rufin.

Dikatakan, kepengurusan Gapensi periode 2012-2017 masuk dalam waktu yang cukup sulit, karena adanya berbagai macam krisis yang berdampak sangat luas bagi anggota dan merupakan tantangan yang cukup berat bagi Gapensi.

“Terlebih ke depan kita memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” imbuhnya.

Zaenal menambahkan, Gapensi sebagai wadah dunia usaha sekaligus sebagai pelaku yang bergerak di bidang jasa konstruksi, dalam kiprahnya diharapkan dapat berperan menciptakan dunia usaha yang profesional dan kompetitif.

Acara yang mengusung tema “Melalui Musyawarah Kerja Cabang XI Siap Mensukseskan Program Bangga Mbangun Desa Menuju Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” itu, dibuka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Hadir dalam acara, Ketua BPD Gapensi Provinsi Jawa Tengah Djoko Oryxahadi, Kepala DCKTR Cilacap Sunarno, para undangan, dan anggota Gapensi Cilacap.

Bupati Cilacap mengatakan, pelaksanaan mukercab tentunya sangat penting dan strategis bagi perkembangan Gapensi Kabupaten Cilacap. Karena di dalamnya terdapat berbagai agenda penting yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja Gapensi.

“Oleh karena itu, berbagai keputusan dalam musyawarah kerja ini diharapkan benar-benar dapat membawa manfaat bagi anggota, serta kemajuan dan perkembangan Gapensi sebagai organisasi yang mandiri dan profesional,” ucapnya.

Usai acara, kepada lintas24.com, Zaenal mengatakan, mukercab dilaksanakan juga untuk menjalin komunikasi, mencari solusi, dan melakukan evaluasi.

“Dalam jangka pendek kita akan memproses sertifikat badan usaha (SBU) asosiasi anggota Gapensi, karena ada perlem (peraturan lembaga) agar kita mengeluarkan SBU lebih cepat,” tambahnya.

Seperti saat ini, lanjut Zaenal, kita sudah lobi dengan BPD Jateng, bahwa proses SBU akan difokuskan di Cilacap. “Kan selama ini SBU dikoreksi di Cilacap dan dikoreksi di Semarang. Sekarang tidak lagi, cukup dikoreksi di Cilacap. Jadi ada pemangkasan birokrasi,” tandasnya.

Ke depan, pihaknya berharap bahwa Gapensi dengan sekitar 250 anggota tetap solid dan bersatu dalam rangka menyambung komunikasi dan bekerja dengan bagus.

Sementara itu, Bupati Cilacap mengatakan, Pemkab akan terus mengevaluasi kinerja para kontraktor yang mungkin belum baik, terutama di bidang infrastruktur.

“Dulu Cilacap infrastrukturnya paling jelek, sekarang terbaik ketiga se-Indonesia. Harapannya tentu ekonomi akan maju dalam menghadapi MEA. Kita siap menghadapi MEA,” tegas Tatto. (estanto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *