by

Gowes Ke Sekolah Menuju Siswa Sehat – Sarwo Edi, S.Pd.

-Uncategorized-50 views

 

Kesehatan adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia.. Dikutip dariWikipedia.org Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.Dapat disimpulkan bahwa kesehatan mencakup banyak hal,  salah satunya kesehatan badan. Pentingnya kesehatan bagi manusia mendorong pentingnya pembelajaan penjasorkes di sekolahan. Pelajaran kesehatan jasmani ini biasanya dijadwalkan di pagi hari untuk meningkatkan kebugaran setiap siswa.

Menurut SK Menpora nomor 053A/MENPORA/1994 Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan  yang dilakukan secara sadar dan sistematis melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh kemampuandan keterampilan jasmani, pertumbuhan fisik, kecerdasan dan pembentukan watak.

Dalam pembelajaran penjasorkes, banyak ditemukan fenomena siswa yang cepat merasa lelah, lesu, dan kurang memiliki semangat yang tinggi. Tidak ada semangat yang menggebu untuk mengikuti kegiatan pembelajaran olahraga. Kegitan awal dalam olahraga misalnya, siswa hanya melakukannya untuk menggugurkan kewajiban mengikuti pemanasan tidak dilakukan dengan cara dan teknik yang benar.

Fenomena tersebut muncul karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, diantaranya dari latar belakang mereka yang memang belum terlatih dan terbiasa untuk berolahraga. Kebanyakan dari mereka lebih tertarik dengan bermain gadget, aktif di media sosial dan game.  Perkembangan teknologi yang tidak diimbangi dengan kesadaran manusia memang dapat menjerumuskan mereka dalam hal-hal yang kurang baik dan bermanfaat.

Mereka lebih banyak memilih bermalas-malasan dari pada bangun pagi sekadar untuk berolahraga ringan. Padahal jika tubuh kita terbiasa dimanja dengan tidak untuk bergerak dan berolahraga akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Malas bergerak juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang, lebih mudah stres, melambatnya metabolisme tubuh, dan yang terpenting adalah dapat meningkatkan berat  badan.

Selain dampak-dampak tersebut, juga dapat berpengauh pada turunnya kebugaran jasmani siswa. Siswa yang tidak mempunyai jasmani yang sehat dan tubuh yang sehat akan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Siswa yang demikian akan merasa lesu, lemas, dan tidak bersemangat dalam menerima pembelajaran. Tidak hanya pembelajaran olahraga saja, namun berpengaruh terhadap pembelajaran-pembelajaran lain di dalam kelas.

Olahraga bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan mengasyikan. Banyak orang yang menyebutnya dengan Gowes. Istilah olahraga gowes ada yang mengatakan kata “gowes” berasal dari lagu “Kring Kring Goes Goes” lagu anak-anak yang dibawakan Bayu Bersaudara pada tahun 1988. Sehingga, kata “goes” terdiri dari kata “go” dan “es” dan kalau dibaca perkata berbunyi “go-es” dan kemudian diplesetkan menjadi kata “gowes”.

Dalam KBBI kata gowes mempunyai arti bersepeda. Bersepeda dapat digunakan sebagai olahraga alternatif yang menyenangkan dan mengasyikan. Bukankah kegiatan yang memiliki banyak manfaat perlu dilakukan dan dicoba, seperti halnya bersepeda. Selain mendapatkan banyak manfaat juga mendapatkan banyak keseruan.Diantara manfaat bersepeda seperti yang dikutip darihellosehat yaitu mengendalikan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh, serta mengurangi stres.

Gowes bersama dirasa sangat menyenangkan,  dengan mengayuh sepeda menyisir jalan-jalan bersama teman-teman sambil berbincang-bincang, bersenda gurau  mampu menyegarkan pikiran dari rutinitas sekolah. Hal tersebut dapat dilakukan oleh siswa pada setiap minggunya. Kegiatan yang mengasyikan tersebut dapat dilakukan bersama teman-teman sebaya.

Selain dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa, bersepeda juga memiliki banyak sekali manfaat, salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan yang menjadi masalah di perkotaan yang tidak ada hentinya.Bagi siswa, disarankan untuk bersepeda untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani. Tidak perlu dengan bersepeda setiap hari, siswa hanya cukup melakukannya pada setiap hari libur. Bersepeda tdak akan mengganggu aktivitas anak khsusnya untuk tetap belajar, baik belajar di rumah atapun belajar di sekolahan.

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita mau menyempatkan waktu untuk berolahraga sambil bersenang-senang. Selain itu, bersepeda sangat cocok untuk semua umur. Apalagi untuk siswa SMP maupun SMA yang memang sedang dalam masa pertumbuhan, berolahraga sangat cocok untuk mereka. Bergowes atau bersepeda juga dapat kita lakukan bersama dengan keluarga, teman-teman sebaya,  dan anak-anak. Begitu mengasyikan bukan? Bersepeda dengan banyak manfaat dan masih tetap dapat melakukannya bersama teman teman sebaya.

 

Penulis Guru SMP Negeri 1 Kalimanah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *