by

Gangsar Fadhiatha Amarsya – Ingin Menjadi Pramuka Sampai Tua

-Uncategorized-74 views

 

gangsar

Gangsar Fadhiatha Amarsya awalnya merasa kagum melihat aktifitas kedua orang tuanya dalam menggeluti dunia Kepramukaan. Rasa kagum ini akhirnya menumbuhkan rasa cinta pada Pramuka.

Anak pertama dari  Sumarto, ST dan Puji Wahyu Laraswati, SE ini menceritakan, Sang Ayah sampai sekarang masih tekun menggeluti Pramuka dan menjabat sebagai Andalan Cabang Urusan Sarana dan Prasarana (Ancu Sarpras) Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Purbalingga.

“Aku bangga menjadi Pramuka, rasanya gimana gitu,”ungkap Fadel

Siswa kelas 9 D SMP Negeri 2 Purbalingga ini mengaku banyak manfaat yang dirasakan menjadi anggota Pramuka, kebiasaan baik yang dirasakan diantaranya, tradisi musyawarah untuk menemukan solusi hingga tertempa menghadapi berbagai problema yang sulit untuk dipecahkan.

“Dalam Pramuka, saya dapat melatih dan membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab. Saya diajarkan bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik,”ungkap siswa kelahiran 31 September 2001 kepada elemen.

Fadel menambahkan,  dalam pramuka sifat mandiri itu merupakan hal wajib yang harus dimiliki setiap individunya. Meskipun itu masih merupakan aturan, maka jika kita melakukan kegiatan mandiri itu terus-menerus maka kita akan terbiasa melakukan suatu hal dengan mandiri tanpa memberatkan orang lain.

Lalu, ketrampilan berorganisasi,  Pramuka merupakan sebuah organisasi. Kita diajarkan untuk menjadi organisatoris yang mumpuni dalam pramuka. Serendah apapun pangkat kita, jika kita melakukan tugas dalam kewajiban kita sebagi organisator maka kita akan terlatih dalam kemampuan kita mengeloloa suatu organisasi.

“Kegiatan pramuka itu sangat menyenangkan, selain mendidik kedisiplinan juga banyak tantangan,”ungkapnya.

Fadel bercerita pengalaman berharga yang dia peroleh sejak aktif di Pramuka, melakukan perjalanan hiking dari Sanggar Pramuka menuju Desa Karangreja Kecamatan Karangreja dengan jalan kaki,  yang dia tempuh selama 6 jam.

“Tak ada rasa capek, karena kita lakukan bersama dengan gembira,”ungkapnya

Tahun 2016 ini, Fadel menjadi anggota Kontingen Purbalingga mengikuti Jambore Nasional X di Cibubur 13-21 Agustus 2016 bersama 32 orang anggota Pramuka Penggalang.( mahendra yudhi krisnha)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *