by

FK Metra Purbalingga Juara 1 Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Jawa Tengah

-Uncategorized-87 views

IMG_7784

Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Purbalingga, lolos menjadi Juara 1 dalam Festival Pertunjukan Rakyat FK Metra Provinsi Jawa Tengah 2016, di Taman Keluarga Berencana (KB) Kota Semarang, Sabtu (21 Mei 2016).

Kepala Seksi Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, Baryati menuturkan, dalam festival kali ini mengangkat tema “Pentingnya Keluarga Berencana”  yang dikemas dalam kesenian Calung Banyumas. Dalam tema ini mengusung materi Keluarga Berencana (KB) dan Perlindungan Anak. Dengan penekanan pada mengasuh, mendidik, melindungi dan menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampuan bakat dan minat anak serta mencegah terjadinya pernikahan usia dini. “

“Dengan metode kolaborasi calung Banyumasan yang lebih komunikatif dan menghibur diharapkan informasi yang disampaikan lebih mengena dan bisa lebih dipahami,” ungkapnya.

Festival Pertujukan Rakyat  tingkat Provinsi Jawa Tengah ini diprakarsai oleh FK Metra dan Dinhubkominfo Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan putaran ke tiga. Putaran pertama di tahun 2014 dan putaran ke dua di tahun 2015.

“Di putaran festival yang ketiga ini, FK Metra Kabupaten Purbalingga baru bisa menjadi juara 1. Jadi ini merupakan lompatan terbaik, karena sebelumnya pada putaran pertama hanya mampu meraih juara 2 dan putaran ke dua bahkan tidak lolos sampai ke tingkat provinsi,.” Ungkap Baryati.

Menurut  salah seorang juri festival, Handri TM  mengungkapkan pertunjukan FK Metra Kabupaten Purbalinga sangat bagus, dan komunikatif. Temanya sederhana, dialognya  mudah dicerna. Penampilan kesenian tradisionalnya menarik dan menghibur.

“Penampilan FK Metra Purbalingga itu bagus dan sempurna, walau durasinya jauh lebih pendek dibanding yang lain,” ungkapnya.

FK Metra Purbalingga  melengserkan juara bertahan dari FK Metra Kabupaten Surakarta dan Kabupaten Grobogan. (sinnangga)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *