by

Exit Tol Adiwerna Tegal dan Gandulan Pemalang Sumbang Padatnya Kendaraan Melintas di Purbalingga

-Uncategorized-41 views

Selama arus mudik-balik lebaran tahun 2019, diprediksikan volume kendaraan yang melintas di wilayah Purbalingga bakal meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu berkaitan dengan dibukanya exit tol Adiwerna Tegal dan Gandulan Pemalang

Kepala Dinhub Purbalingga Imam Wahyudi menyampaikan, pekan lalu telah mengikuti rakor bersama Menteri perhubungan, Korlantas, Gubernur Jateng, dan Ditlantas Polda Jateng, serta stakeholder terkait. Pada intinya, diprediksikan arus lalu lintas saat mudik dan balik akan meningkat. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan dengan matang untuk mengantisipasinya. Sebab berkaitan dengan dibukanya exit tol Adiwerna Tegal dan Gandulan Pemalang.

“Dua jalur Itu menjadi pintu keluar utama, menuju ke jalur tengah dan selatan. Menteri meminta jajaran Dinhub Provinsi dan Kabupaten mempersiapkan segala sesuatunya terkuat adanya peningkatan arus tersebut,” kata Imam,

Sedangkan arus balik, dari arah timur dan tengah, kendaraan yang melalui daerah Buntu Banyumas, akan diarahkan ke utara. Sesampainya di Sokaraja dibelokkan ke arah Purbalingga. Karena jalur arteri nasional diperuntukkan untuk kendaraan dari wilayah Cilacap dan Banyumas.

”Diprediksikan sebesar 40 persen pemudik dari Jabotabek adalah tujuan Jateng. Paling banyak ke Solo, kemudian Semarang dan sekitarnya. Berikutnya wilayah Tegal, Banyumas dan Kedu,” katanya.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Dinhub Purbalingga harus mempersiapkan dengan matang. Satu di antara jalur yang perlu diwaspadai adalah jalur Bayeman, Karangreja, dan Bobotsari. Selain karena memang jalur tengkorak, sejumlah sarpras termasuk lampu penerangan harus benar-benar memadai.

“Jalur yang menjadi perhatian khusus adalah jalur Bayeman, Karangreja sampai Bobotsari, lampu penerangan yang beberapa waktu diperbaiki, belum lama ini rusak lagi karena kecelakaan. Memang kecelakaan di lokasi yang sama,” ujarnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *