by

Dr. Tifauzia Tyassuma. M.Sc Terbitkan Buku Body Revolution. Menerapkan Konsep Makan “Busalana”

-Uncategorized-107 views

Lima bencana kesehatan yang diistilahkan sebagai “maladies”, penyakit yang menjadi bencana, yaitu Diabetes, Stroke, Penyakit Kardiovaskular, Kanker dan Alzheimer. Disebut maladies sebab sudah mendatangkan banyak kerugian baik berupa harta, waktu, tenaga, maupun korban jiwa. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah akan terpuruknya generasi penerus yang lahir dan hidup dari lingkungan bencana kesehatan ini.

Maladies muncul akibat pola makan dan gaya hidup modern hedonis yang menjadi representasi hilangnya kendali diri dan berganti adiksi terhadap berbagai kesenangan, termasuk kesenangan akan makanan rendah mutu tinggi kalori. Terorisme abad 21 hadir dengan mudah dan cuma-cuma dalam bentuk diabetes, disfungsi endotel, kanker, dan penuaan dini, hadir di setiap rumah, dari kota sampai pelosok, di seluruh dunia.

Penulis  buku Body Revolution, Dr. Tifauzia Tyassuma. M.Sc menjabarkan, tubuh yang sehat merupakan sumber kebahagiaan yang utama dan mendasar untuk dapat menggapai dan menunaikan kewajiban sebagai makhluk sosial, dimana semua itu dapat diawali dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan tepat secara berkesinambungan.

“Melalui Buku Body Revolution ini, kita dapat mengenali tubuh sendiri. Setelah kenal maka efek positifnya akan selalu berusaha memperbaiki dan menjaga kesehatannya,”ungkapnya usai meresmikan Community Development Center (CDC) Eks Karesidenan Banyumas, di Sokaraja, Jumat (19 April 2019).

Dalam buku ini diperkenalkan istilah “Kuputamhibimeja” yakni konsep warna-warna buah dan sayuran. Tujuh kelompok warna berdasarkan rujukan ayat-ayat dalam kitab suci Al Quran yang memuat tujuh warna utama, dan diyakini selaras dengan warna-warna alam yang tertulis dalam kitab-kitab suci yang lain.

Kemudian ada istilah “Busalana” yakni istilah untuk makanan yang dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan kortisol, bagian dari makanan yang digunakan untuk memelihara, memperbaiki dan meningkatkan metabolisme, makanan yang diperlukan dan mendukung munculnya enzim dan hormon, menjaga produksi sistem imun, serta menumbuhkan mikrobiota dengan optimal.

“Konsep makan Busalana adalah sebagian dari upaya untuk menangkal dan mencegah lima bencana kesehatan yaitu diabetes, stroke, penyakit kardiovaskular, kanker dan alzheimer. Pada intinya Buku Body Revolution ini membahas tentang pemahaman mendasar, mendalam, dan revolusioner tentang bagaimana tubuh manusia yang hebat ini mampu melakukan perbaikan dan perubahan terhadap dirinya sendiri,”tutur Dr. Tifauzia Tyassuma. M.Sc yang juga President Advancing Health Literacy on Nutrition &  Spiritual Neuroscience Indonesia (AHLINA Institute). (yoga tri cahyono_adv)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *