by

Dindukdcapil Purbalingga Terapkan Tanda Tangan Barcode di Akta Kelahiran dan KK

-Uncategorized-45 views

Penerbitan akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukdcapil) Kabupaten Purbalingga saat ini menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau online.

“Dulu pelayanan administrasi kependudukan ditandatangani secara manual oleh kepala dinas bersangkutan. Namun, saat ini untuk keduanya (akta kelahiran dan KK-red) kini bertanda tangan elektronik berbentuk barcode, tidak lagi manual. Ini dimulai sejak 1 April 2019,” kata Sekda Purbalingga, Wahyu Kontardi dalam surat edaran Nomor 470/2835 tertanggal 22 Maret 2019.

“Meskipun demikian, untuk KK dan akta kelahiran lama yang sudah diterbitkan, dinyatakan masih tetap berlaku, sepanjang tidak ada perubahan pada elemen data kependudukan tersebut,” katanya.

Menurutnya, pelayanan administrasi kependudukan secara daring tersebut sebagai tindak lanjut Permendagri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dan dalam rangka mempercepat pelayanan penerbitan dokumen kependudukan.

Pelayanan tersebut, adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan berbasis elektronik melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

“Masyarakat tidak usah khawatir atau bingung bila nanti ada menerima KK baru atau akta kelahiran untuk anaknya yang tidak ada tanda tangan Kepala Dindukcapil. Masyarakat juga tidak perlu khawatir tidak berlakunya KK atau akta kelahiran lama dengan sistem baru ini,”ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *