by

Dindikbud Purbalingga Terus Dukung Komitmen Bupati Lestarikan Seni Budaya

-Uncategorized-48 views

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Subeno menegaskan pihaknya akan selalu dan terus mendukung serta melaksanakan komitmen Bupati Purbalingga untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya khususnya budaya lokal Purbalingga

“Tidak main-main. Tahun ini, akan digelar 18 kali pertunjukan wayang kulit, dan memungkinkan ada dua kali pementasan dalam satu bulan,” kata saat kegiatan apresiasi seni di pendapa Dipokusumo Purbalingga, Senin siang (26 Maret 2018).

Subeno menjabarkan, berkaitan dengan kebijakan Bupati untuk pengembangan seni budaya ,lanjut Subeno, Dindikbud akan mendukung seluruh kegiatannya, contohnya pengadaan gamelan untuk seluruh Kecamatan, pementasan rutin uyon-uyon dan beberapa kegiatan lainnya bahkan sampai memberikan honorarium bagi penjaga situs cagar budaya atau juru pelihara yang tersebar di Kab. Purbalingga.

“Dindikbud juga telah berkoordinasi dengan seluruh jajarannya baik di tingkat pendidikan dasar maupun SMP, dengan memotivasi guru dan siswanya ikut serta berkontribusi dalam pengembangan seni budaya khususnya budaya lokal di tempatnya masing-masing,”ungkapnya.

Kegiatan apresiasi seni di pendapa Dipokusumo tersebut menampilkan kesenian angguk yang telah dimodifikasi oleh para seniman muda Purbalingga dibawah bimbingan Dindikbud Kab. Purbalingga, kesenian langka krumpyung dari Kecamatan Kejobong dan juga kesenian calung yang dibawakan wisatawan dari Jepang dan Meksiko yang dengan membawakan lagu eling-eling dan juga kicir-kicir.(yoga tri cahyono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *