by

Desa Pagerandong, Desa Selakambang dan Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Darurat Air

-Uncategorized-49 views

Debit air sumur dan sungai mulai berkurang drastis akibat musim kemarau yang sudah terjadi hampir tiga bulan. Hal ini menyebabkan warga di tiga desa Kecamatan Kaligondang mulai merasakan kesulitan mendapat air bersih. Satu diantaranya dialami oleh warga di Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang.

Kepala Desa Sidareja, Suminto menuturkan, sekitar satu bulan terakir ini, di wilayahnya sudah kesulitan mendapat air bersih. Untuk kebutuhan sehari-hari sebagian warga memanfaatkan air di sungai setempat. Namun, hal itu lebih untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

“Sudah sekitar satu bulan ini yang paling sulit dapat air bersih, sumur mulai berkurang airnya,” kata Suminto, kemarin.

Untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami krisis air, Polsek Kaligondang memberikan bantuan air bersih. Setidaknya ada tiga desa yang megalami krisis air bersih karena kemarau tahun ini. Masing-masing yakni Desa Pagerandong, Desa Selakambang dan Desa Sidareja.

“Adanya musim kemarau mengakibatkan tiga desa di wilayah Kecamatan Kaligondang yaitu Desa Pagerandong, Selakambang dan Sidareja mengalami kesulitan air bersih. Oleh sebab itu, kita berikan bantuan air bersih bagi warga,” kata Kapolsek Kaligondang Iptu Mahudi.

Pendistribusian air bersih dilakukan secara bertahap, di desa-desa yang mengalami kekeringan. Dalam pendistribusian tersebut, disalurkan 5000 liter air bersih untuk warga Desa Sidareja. Bantuan air bersih dikirim menggunakan penampungan air yang diangkut dalam mobil patroli.

“Setelah Desa Sidareja, kita juga akan salurkan bantuan ke desa lain secara bergantian. Harapannya mampu membantu kesulitan warga di daerah kekeringan terkait air bersih,” kata Iptu Mahudi.

Adanya bantuan air bersih dari Polsek, setidaknya bisa meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, atas nama masayrakat desa Kades mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Atas nama pemerintahan desa dan warga kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang telah membantu air bersih yang hari ini diberikan. Bantuan tersebut sangat berguna bagi warga desa,” Suminto.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *