by

Cabai Rawit Merah Di Purwokerto Meroket

-Uncategorized-53 views

Baca Juga : Virus Gemini Penyebab Petani Cabai Kedunglegok Gagal Panen

Baca Juga : Harga Cabai Mahal, Cabai di Kebun Indratno Dipanen Orang Tak Kenal

Di seluruh pasar tradisional Purwokerto, harga cabai lain yang mulai normal. Namun,harga jenis cabai rawit merah yang sebelumnya turun diharga Rp.60.000 perkilo kini kembali meroket diharga Rp.70.000 perkilo.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit Merah Di Purbalingga “Pedas” Sekali

Baca Juga : Kuliner Papua, Malang dan Surabaya yang Paling Nikmat

Baca Juga : Resep Oseng-oseng Mercon

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) kabupaten Banyumas Banyumas, Lies Hartati mengatakan, dari data monitoring Dinperindag Banyumas mencatat rata-rata harga cabai rawit di Pasar Sokaraja, Pasar Wage, dan Pasar Manis dikisaran harga Rp. 69.333.

“Permainan harga dari juragan tersebut bisa saja terjadi. “Bisa jadi, seperti dulu waktu zaman bawang putih, tapi kalau sudah ada pemasok lagi yang lebih banyak lagi, nanti baru turun, itukan politik pasar seperti itu, jadi kita kalau sudah menyangkut itukan, kita dari Pemkab tidak bisa memaksa harus ini harus itu, kan mereka punya pelanggan sendiri,” katanya.

Artinya, sangat penting bagi konsumen itu harus menjadi konsumen cerdas bagaimana mensiasati pangsa pasar sekarang, jadi memilih pemasok itu harus cerdas, tapi untuk harga ini kalau masih wajar Pemerintah mungkin masih bisa mentolerir

“Tapi kalau sudah tidak wajar baru kita tindak,” tuturnya.

Pedagang Pasar Wage, Triany mengatakan, saat ini harga cabai dikisaran Rp.60.000 per kilo. komoditas dari rawit merah tersebut pun susah didapatkan.

“Harga cabai rawit merah sekarang kita jual Rp.70.000 perkilo soalnya naik, tapi kemarin saat harganya Rp.60.000 itu gak ada barangnya sama sekali, di Juragan besarpun juga gak ada susah didapat. Ini ada tapi harganya malah naik. Katanya faktor langka jadi naik Rp.70.000, barang kayak gitukan juga jelek, tidak begitu bagus,” katanya

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *