by

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Meresmikan Kampung Keluarga Berencana

-Uncategorized-331 views

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meresmikan diluncurkannya Kampung Keluarga Berencara (KB) Percontohan yang diberi nama Pasren (Pasti Terencana) Desa Bajong Kecamatan Bukateja, Rabu (16 Oktober 20119).

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, Presiden Joko Widodo membuat program Kampung KB di setiap kecamatan. Di Purbalingga sampai hari ini sudah terbentuk 36 Kampung KB yang tersebar di 18 Kecamatan.

“Tahun 2016 Desa Bajong ditetapkan menjadi Kampung KB, tepatnya di dusun 5, Namun saat ini sudah berkembang, dan pemerintah desa Bajong berkeinginan seluruh Desa Bajong menjadi Desa Percontohan Kampung KB,” kata Tiwi.

Diungkapkan Tiwi, dirinya sangat mengapresiasi keinginan Desa Bajong, karena nantinya desa Bajong akan menjadi satu-satunya Kampung KB Percontohan yang ada di Purbalingga. Dan penanganan Kampung KB nantinya akan bersinergi dengan lintas sektor lainnya.

“Sebagai contoh, masalah sampah nantinya akan disinergikan dengan kantor Lingkunga Hidup. Terlebih di Bajong sudah ada bank sampah dengan nama Apik Resik,” ungkapnya.

Ketua Pokja Kampung KB Desa Bajong, Agus Susanto mengatakan, pihaknya saat ini sedang merintis bank sampah sebagai solusi atas permasalahan sampah dengan gerakan pilah olah sampah. Ke depan diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saat ini masih ada persolanan berupa limbah triplek yang melimpah, namun belum ada solusi untuk mengolah sampah tersebut menjadi lebih berguna. Selama ini sampah yang dapat dioleh baru berupa sampah plastik yang dimanfaatkan sebagai tempat tissue, tas kecil, fas bunga dan lainnya,” tuturnya.

Kepala  Dinsosdalduk KB P3A  Raditya Widayaka menuturkan, Kampung KB merupakan kampung KB yang sudah memenuhi prasyarat untuk menjadi Kampung KB Percontohan sesuai panduan Kampung KB Percontohan dan ditujukan menjadi rujukan bagi kampung KB lain dalam hal pengelolaan dan pengoptimalan segala potensi Kampung KB.

“Di Kabupaten Purbalingga sudah terbentuk 36 Kampung KB dan di Desa Bajong yang baru pertama kali ingin menjadi pengembangan Kampung KB Percontohan. Dan dari 36 Kampung KB di Purbalingga, 10 diantaranya terkait Kampung KB dengan stanting,” ungkapnya.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *