by

Biar Cakap, Bawaslu Purbalingga Latih 1606 Saksi Peserta Pemilu 2019

-Uncategorized-50 views

Merujuk Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga memberikan pelatihan bagi saksi Partai Politik Peserta Pemilu 2019 maupun saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di tingkat Kabupaten Purbalingga.

“Bawaslu diberikan amanah oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu untuk melatih saksi Peserta Pemilu dalam teknis pemungutan dan penghitungan suara nanti. Tujuan agar para saksi paham dan cakap,”ungkap  Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga Koordinator Divisi Hukum dan Data dan Informasi Joko Prabowo, SH, Selasa (2 April 2019)

Joko Prabowo menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sejak Selasa-Senin (2-8 April 2019) dan Bawaslu Purbalingga melibatkan Panwas Kecamatan se-Kabupaten Purblingga. Tujuannya untuk menjamin terwujudnya keberhasilan penyelenggaraan Pemilu. Maka setiap petugas yang melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara, baik petugas KPPS, Pengawas TPS dan juga saksi harus memiliki persepsi dan pemahaman yang sama sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang ada.

“Jika tidak demikian, maka dikhawatirkan akan terjadi proses yang tidak semestinya sesuai aturan. Karena saksi Peserta Pemilu merupakan salah satu aktor penting di dalamnya yang ikut menentukan keberhasilan sekaligus legitimasi atas hasil Pemilu,”ungkapnya.

Merunut data yang diterima Bawaslu Kabupaten Purbalingga, saksi Peserta Pemilu baik dari Partai Politik maupun Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, di tingkat Kabupaten Purbalingga, seluruhnya berjumlah 1.606 saksi yang akan diberikan pelatihan.

Jika mengacu pada data ideal yang seharusnya, yaitu 2.898 TPS se Kabupaten Purbalingga dikalikan 14 orang saksi dari masing-masing Partai Politik dan masing-masing satu orang saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di Tingkat Kabupaten Purbalingga, maka semuanya berjumlah 46.368 orang saksi di semua TPS.

“Pada saat pendafatran nama-nama saksi peserta Pemilu 2019 yang ditutup kemarin Tanggal 30 Maret 2019, sebetulnya Bawaslu Purbalingga sudah berupaya semaksimal mungkin mendorong kepada Peserta Pemilu untuk menyerahkan daftar saksinya sejumlah yang dibutuhkan di tiap-tiap TPS.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *