by

Berguru Adiwiyata, SMPN 1 Weleri Kunjungi SMPN 1 Baturraden

-Uncategorized-89 views

SMPN 1 Weleri Kabupaten Kendal ke Sekolah Adiwiyata Nasional SMPN 1 Baturraden, Selasa (2 April 2019). Rombongan yang berjumlah 56 orang ini bertujuan study banding mempersiapkan Sekolah Adiwiyata di SMPN 1 Weleri.

Sekolah SMPN 1 Weleri, Kustinah mengungkapkan SMPN 1 Baturraden dipilih sebagai tempat kunjungan kerja Study Banding adalah keberhasilan SMPN 1 Baturraden dalam meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata dan sama-sama menjadi Sekolah Rujukan.

“SMPN 1 Baturraden dan SMPN 1 Weleri l mempunyai kesamaan visi dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata,”ungkapnya

Hal senada diungkapkan, Waka Kesiswaan SMPN 1 Weleri Hadi Pranoto. Dikakatan, kunjungan kerja ini sangat bermanfaat sekali dalam memperoleh, menggali, menimba wawasan terhadap keberadaan Sekolah Adiwiyata yang telah dicapai oleh SMP Negeri 1 Baturraden, dan ini akan diterapkan di SMPN 1 Weleri untuk bisa mewujudkan sekolah berwawasan peduli lingkungan hidup, yang akhirnya bisa memenuhi syarat sebagai sekolah adiwiyata.

“Semua sudah berjalan, termasuk siswa sudah sangat paham apa yang harus dilakukan termasuk jika ada temannya yang buang sampah sembarangan, mereka mengingatkan,” katanya

Kepala SMPN 1 Baturraden, Herry Nuryanto S.Pd menjelaskan, Persyaratan menuju sekolah Adiwiyata diantaranya visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup, kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia tenaga kependidikan dan non-kependidikan di bidang pendidikan lingkungan hidup, kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam, Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dan kebijakan sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.

“Sekolahnya hampir dua tahun kantin sekolahnya bebas plastik dan menyajikan makanan sehat tanpa perasa, pewarna dan pengawet. Untuk mewujudkan semua itu butuh komitmen semua warga sekolah,” kata Herry

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *