by

Bawaslu Purbalingga Rekomendasi Penghitungan Suara Ulang di 24 TPS

-Uncategorized-48 views

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga untuk melakukan Penghitungan Suara Ulang.

Anggota Bawaslu Purbalingga Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubal, Misrad menjelaskan, 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 2.898 TPS di Purbalingga dalam Pemilu 2019 harus melakukan penghitungan rekapitulasi suara ulang di tingkat Kecamatan. TPS itu tersebar di 8 Kecamatan, yakni Kecamatan Rembang 9 TPS, Kecamatan Kutasari 2 TPS, Kecamatan Kemangkon 4 TPS, Kecamatan Bukateja 3 TPS, Kecamatan Kejobong 1 TPS, Kecamatan Pengadegan 2 TPS, Kecamatan Mrebet 2 TPS, dan Kecamatan Bojongsari 1 TPS

“Rekomendasi itu mendasarkan Pasal 376 Pasal 378 dan Pasal 379 Undang-Undang Nonmor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,”ungkapnya

Ia menambahkan, selama proses rekapitulasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Panwas Kecamatan sejak tanggal 19 April hingga 26 April 2019 (hari ini) melakukan pengawasan secara langsung memastikan proses rekap sesuai dengan prosedur, dan memastikan data perolehan suara valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Penghitungan suara ulang tersebut harus dilakukan mengingat adanya persoalan pada saat rekap, diantaranya yaitu adanya salah penghitungan suara sah, dan terdapat selisih jumlah surat suara sah antara rekap C1 Plano dan C.1 Hologram dengan aplikasi DAA1.

“Namun demikian, setelah dilakukan penghitungan suara ulang, akhirnya beberapa persoalan tersebut dapat teratasi, dan seketika pada saat pleno rekapitulasi di tingkat Kecamatan data bermasalah tersebut langsung dibetulkan dengan diawasi dan disaksikan langsung oleh Panwascam dan saksi peserta Pemilu yang hadir,”ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *