by

Bawaslu Purbalingga Layangkan Surat ke KPU Purbalingga Terkait Sortir Lipat Surat Suara

-Uncategorized-46 views

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga mengawasi secara langsung proses sortir dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh KPU Purbalingga. Dalam proses sortir dan pelipatan yang dimulai sejak Senin (18 Maret 2019), Bawaslu Purbalingga memenemukan masih terdapat proses sortir yang belum sepenuhnya sesuai dengan prosedur.

“Misalnya, dalam proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Purbalingga dan di gedung PGRI Purbalingga. Ditemukan, ada beberapa petugas sortir yang tidak membuka surat suara terlebih dahulu secara cermat sebelum dilipat,”ungkap Komisioner Bawaslu Purbalingga, Teguh Irawanto, S.IP dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan ke media dalam jaringan lintas24.com, Rabu (27 Maret 2018).

Oleh karena itu lanjut Teguh Irawanto, Bawaslu Purbalingga telah melayangkan surat imbauan kepada KPU Purbalingga agar proses sortir dan pelipatan surat suara memperhatikan standar prosedur yang ada. Dan agar ditekankan juga kepada petugas sortir untuk lebih cermat sehingga tidak terkesan hanya sebatas kejar banyaknya surat suara yang disortir.

“Artinya begini, Jika mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2019, disebutkan bahwa peserta (petugas sortir) wajib mensortir Surat Suara sebelum dilipat agar mengetahui surat suara yang tidak layak, rusak atau cacat. Salah satu kriteria surat suara yang tidak layak, rusak/cacat yaitu hasil cetak surat suara kotor atau tidak merata, permukaan hasil cetak surat suara kabur, surat suara kusut/mengkerut, surat suara sobek, atau surat suara terdapat bercak atau noda besar,”ungkapnya

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *