by

Bawaslu Purbalingga Apresiasi Partisipasi Warga Hadiri PSU

-Uncategorized-71 views

 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga mengapresiasi partisipasi warga untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05, Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, Sabtu (27 April 2019).

Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim mengungkapkan, partisipasi masyarakat tinggi. Bawaslu menyampaikan terima kasih. Mengingat pelaksanaan PSU bukan hari libur, tidak seperti pemilu 17 April lalu.

“Warga masih antusias untuk mencoblos, meskipun mereka mempunyai aktivitas kesibukan, tetapi bagi yang masih berada di Purbalingga, tetap menyempatkan diri untuk mencoblos,” kata

Meskipun merupakan PSU, namun pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tetap berupaya menyajikan TPS yang terbaik. Petugas menggenakan akai Jawa lengkap. Sepintas TPS ini mirip suasana hajatan perkawinan. Hal itu dilakukan dengan tujuan  menarik warga untuk kembali menggunakan hak pilihnya.

“PSU Berjalan lancar. Meski ini PSU tapi KPPS tetap menyiapkan dengan baik Pengawasan dilakukan intensif, bahkan tadi dari Bawaslu Provinsi Jateng juga datang langsung untuk memantau, kemudian bupati dan jajarannya juga datang ke TPS untuk memastikan semua berjalan kondusif,” ujarnya.

Pengamatan cyber media lintas24 di lapangan, pelaksanakaan PSU berjalan kondusif. Puluhan personil Polres Purbalingga juga turut berjaga. Saat itu, hadir juga perwakilan Bawaslu Provinsi Jateng. Siang harinya, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi juga datang ke lokasi TPS untuk memantau langsung PSU.

Untuk diketahui, PSU di TPS 05 Tangkisan Kecamata Mrebet dilakukan atas rekomendasi Bawaslu Purbalingga. Dalam proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, panwas menemukan ketidaksesuaian antara data pemilih dengan jumlah suara dalam Pilpres dan DPD.

Temuan Panwas, ada dua orang pemilih luar daerah yang menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Desa Tangkisan. Belakangan diketahui, satu pemilih di antaranya, terdaftar dalam DPT Blora dan pada saat memilih di TPS 05 Desa Tangkisan tanpa menggunakan form A5.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *