by

Baryati S.Kom – Awasi Terus Ketika Anak Berselancar Internet

-Uncategorized-166 views

DSC_1155

Banyak anak usia sekolah sudah menggunakan ponsel pintar atau komputer tablet untuk mengakses internet sehingga orang tua harus terus memonitor dan mencegah agar tidak mengakses situs yang tidak sesuai dengan usianya.

Hal tersebut diungkapkan Baryati S.Kom salah satu alumni SMP Negeri 2 Purbalingga tahun 1990 disela-sela kegiatan Temu Kangen Iluspero belum lama ini.

“Bukan gadget yang menimbulkan dampak negatif, tetapi konten-konten dalam situs yang mereka jelajahi,” kata Baryati yang juga Kasie Komunikasi dan Diseminasi Informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ( Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga,.

Baryati menambahkan, gadget dan internet memiliki dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat anak terbiasa dengan perangkat komputer, menstimulasi imajinasi, kemampuan berbahasa bila memainkan permainan berbahasa asing.Bila digunakan tidak tepat, gadget dan internet akan membuat kemampuan bersosialisasi menurun.

“Nah, untuk itu, para orang tua harus menyiasati pengaturan perangkat keras untuk mengatasi dampak negatif internet terhadap anaknya,”kata Baryati

Bila menggunakan komputer lanjut Baryati, tempatkan komputer di ruang terbuka, yang bisa dilihat oleh orang tua, agar kegiatan anak berinternet bisa terpantau. Orang tua sebaiknya juga mengatur situs-situs yang boleh diakses anak dan memonitor aktivitas anak di jejaring sosial dengan memanfaatkan aplikasi tertentu. Periksa secara berkala folder unduhan, untuk mengawasi berkas seperti foto dan video yang disimpan

” Para orang tua harus menasehati pada anaknya untuk tidak menulis status di media sosial. Ingatkan anak untuk tidak menulis dan mengirim status yang dapat menjadi pertikaian dan mengungkapkan hal-hal pribadi,”ungkapnya. (yoga tri cahyono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *