by

Atraksi Spektakuler Warnai Peresmian Pasar Sidodadi

-Uncategorized-72 views

 

Peresmian Sidodadi 03

CILACAP – Kehadiran Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji untuk meresmikan beroperasinya Pasar Sidodadi Cilacap, disambut atraksi spektakuler Syahrial Effendi (Pendi), yakni menarik truk trailer seberat sekitar 9,7 ton dengan menggunakan gigi, dan berhasil hingga 5 meter.

Penggunaan Pasar Sidodadi yang menampung sekitar 630 pedagang dengan sekitar 200 lebih kios serta puluhan los yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah itu diresmikan bupati, Jumat (1/4), dan ditandai dengan pemotongan pita.

Selain dimeriahkan atraksi spektakuler dan sulap oleh pesulap lokal Syahrial Effendi, acara tasyakuran atau peresmian juga dimeriahkan tarian kuda lumping, malam harinya digelar wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Semar Mbangun Pasar oleh dalang Ki Eko Suwaryo dari Gombong, Kebumen.

Acara dihadiri Kepala Disperindagkop UMKM Cilacap Dian Arinda Murni, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dian Setyabudi, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, serta ratusan pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Sidodadi.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan agar para pedagang menjaga dan memelihara kebersihan pasar. “Pasare resik, rejekine apik,” katanya.

Tatto menambahkan, fisik pasar sudah terlihat megah dan bagus, namun masih ada kekurangan di sana-sini.

“Untuk itu, saya minta Kepala Disperindakop UMKM supaya segera membenahinya agar tampak bagus,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Muhammad Mustangin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah baik pusat maupun daerah yang telah merevitalisasi Pasar Sidodadi menggunakan dana APBN dan APBD.

“Mari kita menjaga dan memelihara pasar agar tetap bersih. Pasare resik, rejekine apik,” kata Tangin (panggilan akrab Muhammad Mustangin).

Kepada wartawan usai acara, Tangin mengatakan, acara ini dalam rangka tasyakuran penggunaan Pasar Sidodadi Cilacap yang telah selesai direvitalisasi menggunakan dana APBN dan APBD.

“Pedagang sangat gembira dengan adanya pasar yang baru, sudah semakin bagus dibanding yang dulu, dan diimbau untuk bisa menjaga dan memeliharanya,” katanya.

Ditanya tanggapan dari Bupati, Tangin mengatakan positif dan bagus. “Untuk yang kurang nanti akan ditambah lagi, karena sekarang pasar sudah diserahkan ke pemerintah daerah, sehingga untuk perbaikan kekurangannya nanti akan dianggarkan melalui APBD,” ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya pasar yang baru ini para pedagang tambah maju dan tambah ramai pembelinya.

“Kalau selama ini kan pasar tradisional terkesan kumuh, kotor, bau, dan becek. Namun sekarang menjadi bagus. Mudah-mudahan pengunjung semakin ramai dan jangan sampai warga Cilacap tidak mengunjungi pasar kita sendiri yang sudah bagus,” tutupnya. (estanto prima yuniarto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *