by

Aloysius Yosbi Manuputty – Pelatih Pas2ka – Andalkan Variasi Formasi Pasukan

-Uncategorized-110 views

 

yosbi

Peraturan Baris Berbaris (PBB) murni hanya memuat aturan baris-berbaris biasa seperti hadap kanan-kiri. Kalau PBB variasi, kita berbaris sambil membuat berbagai formasi

Hal tersebut diungkapkan Aloysius Yosbi Manuputty Pelatih Pas2ka. Diungkapkan Yosbi, dalam PBB variasi kita modifikasi diantaranya sikap sempurna,  hadap kanan dan kiri,  hadap serong kanan dan kiri, balik kanan, berkumpul, periksa kerapihan, lencang kanan, lencang depan,  langkah biasa dan langkah tegap, langkah perlahan,  lari, hormat, dan belok kanan.

“Variasi formasi barisan ini ditambah dengan yel yel. Namun, modifikasi variasi tidak boleh meninggalkan aturan dasar PBB,”ungkap pendiri PASKAS SMK Negeri 1 Purbalingga ini.

Ia menambahkan, biasanya variasi ini merupakan perpaduan antara baris – berbaris dengan keindahan lagu. Variasi yang sering dinilai dalam setiap perlombaan diantara nilai kekompakan, keserasian dengan lagu atau yel-yel, keselarasan, keindahan dan busana.

“Paling penting adalah keragaman gerakan. Ini yang sering menjadi peringkat tertinggi dalam penilaian lomba,”ungkap pria kelahiran 26 Juni1990.

Yosbi mengaku, selalu belajar dari tarian jawa untuk menggabungkan keragaman gerakan yang dimodifikasi untuk variasi baris-berbaris.Dan hasilnya, Pas2ka  berhasil merebut juara 1 Variasi Formasi Baris Berbaris, Juara 1 Busana Terbaik, Juara 2 PBB Dasar dan Juara Lomba Baris Berbaris yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Purwokerto berbaris dalam acara Smansa Competition (PSC) II untuk tingkat SMP / MTS sederajat Se- Jawa Tengah dalam rangka menyambut 25 tahun Pasukan Pengibar Berdera (Paskibra) Selasa (26/3/2016).Pas2ka juga masih memegang Piala Bergilir Kapolda Jawa Tengah dalam lomba yang sama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *