by

Alat Peraga Tingkatkan Minat Belajar Siswa – Dias Fajriani, S.Pd. Gupres Kaligondang.

-Uncategorized-45 views

DSCN0099

Pelajaran Matematika dipelajari secara  berkesinambungan sejak kelas 1 SD dan akan ditindak lanjuti pada kelas selanjutnya yang lebih tinggi. Untuk itu pembelajaran Matematika harus ditingkatkan pemahamannya mulai sejak dini, dan tingkat kematangannya harus di pastikan.

Sebagian siswa tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru, mereka tampak kurang aktif. Jika ditanya mereka tidak memberikan respon atau tanggapan, bahkan mereka tidak pernah mengajukan pertanyaan kepada guru.

Berbekal pengalaman tersebut, Dias Fajriyani, S.Pd.SD. Guru kelas VI SD Negeri 3 Selakambang Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga mencoba menggunakan metode penggunaan alat peraga atau media pembelajaran di dalam penyampaian materi pembelajaran Matematika.

“Matematika itu pelajaran yang kurang disukai anak, karena sulit. Maka dibutuhkan hal-hal yang menarik agar anak merasa mudah untuk mempelajari.” Ungkap Dias kepada elemen dan lintas24.com, Senin (18 April 2016).

Terobosan inilah yang mengantarkan Dias menjadi wakil UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kaligondang dalam lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2016.

Dias menyakini, dengan menggunakan alat sebagai media pembelajaran siswa dapat dengan mudah memahami materi  pelajaran. Metode ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban dari persoalan yang dihadapi dengan melakukan percobaan agar siswa dapat berlatih dalam cara berfikir yang ilmiah.

“Siswa saya mengalami kejenuhan dalam belajar. Sebagai Guru saya harus menumbuhkan semangat dan memberikan motifasi belajar siswa. Penggunan media gambar inilah yang saya pilih agar siswa terlibat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran,”ungkap Dias.

Ia menambahkan, setelah menggunakan metode penggunaan alat peraga ini, siswa telihat lebih aktif dalam pembelajaran. Keberhasilan terbesar terdapat pada faktor kebebasan siswa melakukan eksperimen dengan saat melakukan kegiatan.

“Dalam suasana menyenangkan, rileks dan tidak tertekan, siswa dapat mengaktualisasikan objek secara maksimal dan target ketuntasan belajar 38 siswa kelas VI  tahun ini merupakan tujuan dari semua guru di SD Negeri 3 Selakambang,”ungkapnya. (sinnangga).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *