by

10 SMP di Banyumas Ditunjuk Gelar UN Online

-Uncategorized-52 views

cfab856a1e8b0f6de1dbf482fe05fee6

Sebanyak 10 SMP di Kabupaten Banyumas telah ditunjuk Dinas Pendidikan setempat untuk diusulkan menggelar Ujian Nasional (UN) online atau Computer Based Test (CBT) tahun depan.

Kasi Kurikulum Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Agus Wahidin, mengatakan meski ditunjuk untuk diusulkan, tetapi kesepuluh sekolah tersebut sebagian ada yang menyatakan belum siap dengan sejumlah alasan.

”Sebagian besar alasannya lantaran belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, khususnya ketersediaan komputer dan jaringan internet,” jelas dia, Senin (9/10).

Kendati demikian, lanjut dia, saat ini dinas terus mendorong kesepuluh sekolah itu agar berani menyelenggarakan UN berbasis online.  Apalagi kendala yang dihadapi sekolah tersebut dapat dicarikan jalan keluarnya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan persyaratan dalam menyelenggarakan ujian nasional model CBT, sekolah minimal harus menyediakan komputer dengan jumlah sepertiga dari jumlah total peserta didik yang akan mengikuti ujian.

”Bagi sekolah yang belum memiliki atau perangkat komputer tidak mencukupi, sekolah dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain, sehingga kekurangan komputer itu dapat terpenuhi. Jadi kami kira tinggal kemauan dari sekolah saja,” ungkapnya.

Agus menambahkan, meski pelaksanaan ujian masih lama, namun sejauh ini persiapan sudah dilakukan.  Salah satunyadengan mempersiapkan data siswa yang akan mengikuti ujian. ”Data-data siswa, seperti identitas diri siswa, nama orang tua siswa sedang dicek.  Ini untuk meminimalkan terjadinya kesalahan data pada saat ujian,” tambahnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *