by

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Mantapkan Diri Jadi Islamic Entrepreneur University

-Pendidikan, Update-dibaca 3.24Rb kali | Dibagikan 15 Kali

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah mantapkan diri sebagai Islamic Entrepreneur University. UMP telah memiliki ciri khas islami, sehingga aspek Islam telah banyak muncul sebagai keunggulan universitas

“Kita menuju ke arah menyiapkan lulusan yang siap diberbagai macam kondisi. Ketika mereka ingin menjadi seorang yang profesional, maka kita siapkan untuk menjadi unggul di bidang profesinya, keahlian, dan program studinya. Ada tambahan keunggulan keislaman, sertifikasi terkait dengan profesinya. Dan kita akan tambahkan lagi softskill, yaitu kemampuan enterpreneur/kewirausahaan,” tutur Rektor UMP Dr Anjar Nugroho pada Pembukaan Rapat Kerja Universitas Muhammadiyah Purwokerto Auditorium Ukhuwah Islamiyah

Menurut dia, kewirausahaan ke depan harus mewarnai seluruh program studi, misalnya guru harus memiliki konsep dan memiliki jiwa enterpreneur, demikian pula dengan lulusan hukum, kesehatan, dokter, dan sastra semuanya diharapkan memiliki jiwa enterpreneur.

“Dengan demikian, keunggulan itu akan memiliki daya saing dan daya tahan yang tinggi terhadap tantangan zaman saat itu. Ini harus ditanamkan kepada mereka,” tandasnya.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan ke depan, UMP menuju pada konsep pemanfaatan kemampuan yang dipreoleh dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif menggunakan jiwa dan semangat entrepreneurship.

“Lengkaplah mereka lulusan UMP, memiliki keahlian utama sesuai dengan program studi, memiliki keunggulan keislaman yang kuat, dan memiliki keunggulan entrepreneurship islami yang kenceng sehingga harapannya nanti mereka bisa menjadi para pengusaha yang sukses di bidang mereka,” katanya.

Modernisasi Tekonlogi

Rektor mengatakan Islamic Entrepreneur University UMP akan mengarah pada modernisasi teknologi yang dibuktikan dengan tekologi pembelajaran UMP yang semakin bagus.

“Modernisasi teknologi ini juga merupakan suatu contoh bahwa kita telah melakukan upaya yang kreatif dan inofatif.” katanya.

Rektor mengatakan jika sebelumnya mahasiswa baru yang akan masuk UMP harus datang ke kampus, sekarang telah dirancang aplikasi pendaftaran berbasis Android.

“Jadi informasi, proses pendaftaran, bahkan ujian nanti bakal ada di genggaman (berbasis Android, red.). Dengan ini sudah menunjukan kita sudah kreatif dan inovatif, karena ber-entrepreneurship tidak hanya dagang semata-mata, tapi mengupayakan teknologi juga bisa mengarah ke sana,” jelasnya.

 

 

Comment

Berita Lainnya