UMP Purwokerto Gelar Kembali Internasional Summer Course 2019

By: On: Dibaca: dibaca 4.58Rbx
UMP Purwokerto Gelar Kembali Internasional Summer Course 2019

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) kembali gelar Internasional Summer Course (ISC)  2019 dengan tema “ Traditional  Herbal Medicine and Cosmetic” . Acara ini diikuti oleh kurang lebih 20 mahaisswa asing yang berasal dari berbagai negara di antaranya Malaysia, Pilipina, Sudan dan Turkey. Peserta dari Malaysia berasala dari kampus Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang merupakan mitra kerjasama UMPdan mahaisswa dari Saint Louis University Philippine. Kegiatan ini memadukan berbagai disiplin ilmu yaitu ilmu farmasi, pertanian dan kedokteran.   Opening Ceremony ISC 2019 digelar pada hari Senin (15/7) di halaman kantor pusat UMP.

Novi Haryanti, M.Pd selaku ketua pelaksana ISC 2019 menjelaskan bahwa  kegiatan ini sudah memasuki tahun ke 3.  “ Ditahun ini kita masih menggunakan tema yang sama karena tema ini sudah menjadi ‘branding’ tema ISC untuk UMP, di samping melihat antusiasme peserta dengan tema tersebut. Tema ini juga diusung sebagai tema unggulan dari Fakultas dan Fakultas Kedokteran UMP.

Lebih lanjut Novi menjelaskan ISC dilaksanakan selama 2 pekan kedepan dengan berbagai macam kegiatan baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Beberapa dosen dari FK, F Farmasi dan Faperta menjadi nara sumebr dalam kegiatan ini. Mereka berkesempatan membagi pengetahuan tentang bagaimana mengolah bahan herbal menjadi obat dan kosmetik ditinjau dari kandungan manfaat, dari aspek manfaat kesehata dan tinjuan medis serta bagaimana menumbuhkan tanaman obat dengan cara hidroponik dan organik.

Dr. Jebul Suroso, M.Kep,   Wakil Rektor IV  Bidang Pengembangan, Kerjasama,  dan AIK,  dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya terhadap partisipasi peserta asing dalam kegiatan ini. Jebul menegaskan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa asing karena mereka tidak hanya belajar aspek keilmuan tetapi juga budaya Indonesia khususnya budaya masyarakat Banyumas. ” Saya ucapkan selamat datang untuk mahasiswa semua baik dari Malaysia maupun Filipina, serta Sudan dan Turkey, tentu ini pengalaman kalian. . Melalui UMP kalian bisa mengenal budaya, adat dan potensi yang dimiliki Indonesia dan kami berharap ini menjadi pengalaman yang sangat luar biasa untuk kalian semua”. pungkasnya dalam acara pembukaan ISC 2019.

Dengan tema “Traditional Herbal  Medicine and Cosmetic” ini diharapkan peserta mendapat banyak pelajarana dan pengalaman yang dapat menunjang  di masa depan. Dapat disampaikan juga bahwa  mahasiswa UMP juga telah mengembangkan penelitian dengan menemukan  Ramuan Pembasmi Kutu Rambut dari Ekstak Buah Apel dan Pasta Gigi Pencegah Karies dari lender Bekicot. Tentunya masih banyak lagi temuan-temuan yang akan terus dikembangkan UMP. Temuan temuan ini akan diperkenalkan kepada peserta ISC 2019.   Selanjutnya dalam opening ceremony ini mahaisswa asing disuguhi hiburan kethongan dan mereka menari bersama dengan diiringi musik kenthongan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!