Tumbuhkan Semangat Anak Tentang Pola Hidup Sehat

By: On: Dibaca: 127,644x
Tumbuhkan Semangat Anak Tentang Pola Hidup Sehat

Bersih-bersih SDN Menganti 04_12Bersih-bersih SDN Menganti 04_09

CILACAP – Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus dimulai sejak dini. Oleh karena itu, menjaga diri tetap sehat juga menjadi bagian penting, apalagi anak-anak yang telah terbiasa menerapkan PHBS di kesehariannya tentu akan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Dalam rangka gerakan hidup sehat sekaligus mensosialisasikan pengenalan sejak dini tentang sadar lingkungan kepada masyarakat, khususnya bagi para pelajar, SD Negeri Menganti 04 Kecamatan Kesugihan, Cilacap, bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cilacap dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pengelola PLTU Cilacap di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Sabtu (14/11), menyelenggarakan bhakti sosial berupa kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar, terutama musholla-musholla.

Dalam kegiatan ini, pihak sekolah mengajak siswa-siswinya untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan serta membersihkan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan tersebut merupakan komitmen bersama melaksanakan gerakan hidup bersih dan sehat.

Kepala SD Negeri Menganti 04 Hj Siti Aminingsih mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya bagi sekolah merupakan rutinitas setiap hari Sabtu sebulan dua kali ada senam.

“Karena kebetulan hari ini ada bantuan dari PT S2P, kami jadikan satu dengan kegiatan bhakti sosial berupa bersih-bersih lingkungan,” katanya.

Menurutnya, bersih-bersih tersebut dilakukan terutama di musholla terdekat.

Ditanya tentang bantuan dari PT S2P, dia mengatakan bahwa pihak S2P hanya men-support dan tidak memberikan sesuatu dalam bentuk barang atau benda.

“Sementara PMI hanya memberikan support dalam bentuk wawasan mengenai bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat itu diterapkan,” imbuhnya.

Terpisah, GM PT Sumber Segara Primadaya Irvan Rachmat membenarkan bahwa PLTU hanya memberi dukungan dan tidak memberikan apapun.

“Kami cuma mendukung saja,” tandasnya.

Irvan menekankan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan terhadap anak-anak tentang pola hidup sehat, salah satunya dengan bersih-bersih lingkungan.

“Harapan saya kegiatan ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi murid-murid akan pentingnya menjaga kebersihan sejak dini, serta dapat menumbuhkembangkan semangat anak-anak tentang pola hidup yang sehat,” pungkasnya. (estanto)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!