by

Tujuh Orang Reaktif Covid Saat Rapid Test Massal di Pasar Purbalingga

Rapid test massal di empat pasar yang digelar Pemkab Purbalingga ditemukan tujuh orang reaktif covid. Rapid test dilakukan di Pasar Segamas, Pasar Hewan, Pasar Bobotsari, Pasar Bukateja, dan pusat penjualan buah Lingga di Jalan Jenderal Soedirman, serta toko penjualan alat rumah tangga di Jalan DI Panjaitan

“Jumlah sampel yang kami ambil seluruhnya sekitar 300 orang. Dari jumlah itu sebanyak tujuh orang diketahui reaktif covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Drg Hanung Wikantono, MPPM, disela-sela kegiatan rapid test massal, Kamis (28 Mei 2020).

Dijelaskan Hanung, tujuh orang yang reaktif masing-masing didapat dari sampling pasar Bobotsari sebanyak lima orang, dan dua lainnya dari pasar Bukateja. Semua yang reaktif berasal dari pedagang.

“Sampling kami ambil dari pedagang, pembeli, tukang ojek dan karyawan toko di kompleks pasar,” kata Hanung.

Terhadap orang yang diketahui reaktif, pihaknya langsung melakukan tracing kepada orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan yang bersangkutan. Pihak keluarganya juga ikut di-tracing.

“Standar prosedur yang kami lakukan, terhadap orang yang reaktif saat rapid test, selanjutnya diminta untuk isolasi di rumah sakit dan kemudian dilakukan test PCR (Polymerase Chain Reaction),” kata Hanung.

Comment

Feed Berita